Inilah Kreasi Warga Sukoharjo Ciptakan Rumah Ramah Lingkungan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SOLO – Di tengah kondisi Covid-19 banyak masyarakat yang mulai mencari kesibukan untuk bisa beraktivitas di sekitar rumah. Salah satunya dengan membuat pojok hijau untuk sakedar menyalurkan hobi dengan menanam berbagai bunga dan tanaman hijau.

Hal inilah yang dilakukan Nita Widiastuti, salah satu warga Sukoharjo yang mulai menanam bunga di sekitar rumahnya. Meski belum banyak jenis tanaman yang ada, namun suasana hijau sudah mulai tampak di halaman rumahnya.

“Baru coba-coba tanam saja kok. Buat ngisi waktu luang, daripada tidak ngapa-ngapain mending cari kesibukan tanam-tanam,” ujarnya kepada Cendana News, Rabu (16/9/2020).

Berbagai tanaman hijau dan bunga yang menjadi koleksi warga Sukoharjo, Diyah Pipit, Rabu (16/9/2020) – Foto: Harun Alrosid

Perempuan 32 tahun ini mengaku tidak berorientasi bisnis bunga atau tanaman hijau. Dirinya hanya menyalurkan hobi untuk bisa menata agar lingkungan sekitar rumah terlihat lebih hijau. Sebab, di saat kondisi cuaca masih kemarau, membuat suasana sekitar rumah semakin panas. “Minimal kalau ada hijau-hijau bisa sedikit adem,” katanya.

Untuk saat ini, dirinya sudah mengoleksi lebih dari 20 tanaman. Hanya saja, dirinya tak tahu nama jenis bunga yang ditanamnya.

“Intinya senang saja menanam bunga. Ada bunga kemuning, jemani atau anthurium maupun bunga-bunga lainnya. Kalau tanaman ada pohon jeruk, asem, sirsat, mangga, nangka, serta klengkeng,” imbuhnya.

Hal serupa dilakukan Diyah Pipit, yang mulai menyukai dunia tanam-menanam dari orang tuanya. Situasi dan kondisi Covid-19 memang membuat masyarakat banyak yang resah, terlebih di bidang ekonomi. Banyak yang mengeluhkan sulitnya mencari sumber ekomomi di tengah situasi dan kondisi yang tak menentu ini.

“Kalau saya belajar dari ayah saya. Ayah saya selalu menanam pohon setiap anak atau cucunya lahir. Katanya buat tenger atau tanda,” ungkap Pipit.

Selain cinta lingkungan hijau, tanaman hijau mampu membuat suasana rumah semakin hidup. Tak hanya untuk bisnis semata, namun berbagai tanaman hijau mampu membuat suasana rumah semakin nyaman.

“Kalau yang hobi biasanya hanya memang untuk menata rumah biar lebih nyaman dan enak untuk tempat tinggal. Beda kalau buat bisnis, tanaman bunga bisa menjadi ladang bisnis tersendiri karena tengah naik daun,” tambahnya.

Ada sederet tanaman hias yang ada di rumahnya. Mulai dari anggrek, beringin, bunga sepatu, kembang bokor, dan sejumlah bunga lainnya.

Lihat juga...