Jensen Bawa Finlandia Kalahkan Irlandia

Pemain Timnas Finlandia, Fredrik Jensen, merayakan gol sat timnya menang 1-0 atas Republik Irlandia dalam pertandingan UEFA Nations League, League B, Grup 4 di Aviva Stadium, Dublin, Minggu (6/9/2020) – foto Ant.

JAKARTA – Finlandia mencatat kemenangan mengejutkan 1-0 atas Republik Irlandia, ketika Fredrik Jensen mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut. Gol dicetak hanya 19 detik sejak masuk lapangan sebagai pemain pengganti, dalam laga UEFA Nations League, Minggu (6/9/2020) waktu setempat.

Pelatih timnas Irlandia, Stephen Kenny, masih terus menunggu kemenangan pertamanya sejak menjadi pelatih, setelah penampilan mengecewakan di Dublin. Kamis (3/9/2020) pekan lalu, Irlandia ditahan seri 1-1 oleh Bulgaria di laga pertama Kenny sebagai pelatih timnas Irlandia. Pengaruh langsung Jensen membuat Irlandia tak pernah menang dalam Grup 4 turnamen ini. Hal itu juga menjadi kekalahan pertama Irlandia dari Finlandia, yang dikalahkan Wales pada laga pertamanya di turnamen ini.

Sejak menggantikan Mick McCarthy, Kenny menekankan timnya untuk lebih berorientasi menguasai bola dan menyerang. Tetapi dia dituntut lebih baik lagi, jika menginginkan Irlandia lolos ke Euro 2020. Menang melawan Slowakia di Oktober mendatang akan memastikan Irlandia menghadapi Irlandia Utara atau Bosnia pada November untuk memperebutkan satu tempat ke Euro 2020.

Dalam pertandingan lain, Kepulauan Faroe mengalahkan sesama tim gurem Eropa, Andorra 1-0, berkat gol Klaemint Olsen. Slovenia juga mencatat kemenangan tipis 1-0 dari Moldova, berkat sumbangan gol Damjar Bohar.

Rusia mempermalukan tuan rumah Hungaria 3-2, setelah memimpin 3-0 sampai menit ke-62. Anton Miranchuk membawa Rusia unggul pada menit ke-15, yang kemudian digandakan Magomed Ozdoev pada menit ke-33, dan digenapkan 3-0 oleh Mario Fernandes pada menit ke-46.

Hungaria berusaha bangkit pada babak kedua, namun dua gol dari Roland Sallai pada menit ke-62 dan Nemanja Nikolic delapan menit kemudian, tak bisa menghindarkan kekalahan dari Rusia. Sementara itu, gol Neco Williams pada menit 90+4 membawa Wales menang tipis 1-0 atas Bulgaria. (Ant)

Lihat juga...