Jumlah Tempat Tidur RS di Purbalingga Belum Memadai

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PURBALINGGA — Kapasitas tempat tidur untuk pasien rawat inap di seluruh rumah sakit, baik swasta maupun rumah sakit pemerintah di Kabupaten Purbalingga belum memadai. Idealnya, ketersediaan tempat tidur adalah 1 per 1.000 jumlah penduduk.

Namun, dengan jumlah penduduk 1 juta lebih, kapasitas tempat tidur di seluruh RS di Purbalingga saat ini hanya 660 buah. Seharusnya, RS di Purbalingga sudah menyediakan minimal 1.000 tempat tidur untuk pasien rawat inap.

“Idealnya, sesuai dengan standar World Health Organization (WHO), ketersediaan bed/tempat tidur 1/1000 penduduk. Jadi minimal di Purbalingga ada 1.000 bed,” kata Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi usai mengunjungi RS Islam At-Tin Husada di Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Senin (14/9/2020).

Bupati Purbalingga mengatakan, rumah sakit baik swasta maupun pemerintah, diminta untuk meningkatkan pelayanan selama pandemi Covid-19, termasuk pelayanan ruang rawat inap. Mengingat jumlah kasus Covid-19 juga masih terus mengalami kenaikan.

Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga, saat ini kasus positif Covid-19 sudah mencapai 120 orang. Dengan jumlah pasien yang masih menjalani perawatan sebanyak 21 orang, meninggal dunia 2 orang dan yang sudah dinyatakan sembuh ada 97 orang. Meskipun terbilang lebih rendah dibandingkan kabupaten sekitarnya, namun bupati yang biasa disapa Tiwi ini meminta agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Pada kesempatan tersebut, Tiwi juga menyampaikan harapannya agar RSI At-Tin Husada dapat bersinergi untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Purbalingga dalam meningkatkan derajat kesehatan.

“Saya yakin kita semua mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada seluruh warga masyarakat Purbalingga.” tuturnya.

Direktur RSI At-Tin Husada Purbalingga, Hj Sri Yatin memaparkan, saat ini kapasitas atau ruang rawat inap di RS At-Tin Husada ada 110 bed.

Kelengkapan sebagai rumah sakit tipe C sudah disediakan oleh rumah sakit yang berlokasi di Jalan Mayjend Sungkono, Desa Selabaya Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga ini. Antara lain kelengkapan ruang IGD, ruang operasi serta peralatan medis.

“Kami sudah ada kamar isolasi, kamar operasi, ICU, HCU, radiologi serta alat CT Scan dengan 23 slide yang akan terus di upgrade. Kedepan dilengkapi untuk pelayanan cuci darah atau Hemodialisa (HD).” pungkasnya.

Lihat juga...