Kalahkah Pablo Carreno Busta, Nadal Melaju ke Babak Ketiga Italian Open

Petenis Spanyol Rafael Nadal di laga babak kedua Italian Open di Roma, Rabu (16/9/2020), melawan kompatriot Pablo Carreno-Busta – Foto Ant

JAKARTA – Rafael Nadal tidak menunjukkan tanda-tanda kekakuan, ketika menjalani pertandingan pertamanya setelah 200 hari tidak bermain, dengan mengalahkan kompatriot dari Spanyol, Pablo Carreno Busta, 6-1 6-1, pada turnamen Italian Open yang digelar di Roma, Rabu (16/9/2020).

Nadal, yang mendapatkan bye di babak kedua , terakhir kali bertanding ketika memenangi gelar tunggal ke-85 di Acapulco. Dia melewatkan Western & Southern Open dan US Open di New York, karena khawatir terhadap pandemi COVID-19.

Pertandingan itu juga menjadi laga pertama Nadal di atas tanah liat, dalam 465 hari terakhir, yaitu sejak kemenangan di French Open tahun lalu. Petenis berusia 34 tahun itu menyampaikan pesan tegas di lapangan, ketika ia mendominasi permainan atas semifinalis US Open tersebut sejak start, di Foro Italico yang kosong dari penonton itu. “Senang rasanya bisa kembali ke Tour, tapi tentunya bermain tanpa penonton bukan perasaan yang terbaik. Setidaknya ada satu hal positif, olahraga ini kembali,” kata Nadal usai laga, Rabu (16/9/2020).

Nadal membuat break di gim keempat, untuk memimpin 3-1. Dan tidak terkalahkan karena memenangi 10 poin terakhir di set pembuka. untuk mengamankan keunggulan atas Carreno Busta. Sang kompatriot kewalahan menerima bola di lapangan tanah liat, setelah bermain di dua turnamen lapangan keras.

Set kedua kurang lebih berjalan serupa, ketika Nadal bermain cepat dari satu gim ke gim berikutnya. Hingga Nadal menyudahi pertandingan itu dalam waktu 73 menit dengan 20 pukulan winner, sedangkan Carrreno Busta kehilangan poin karena 28 kali melakukan unforced error. “Saya memainkan pertandingan yang bagus, mungkin dia sedikit lelah dari New York di mana dia memainkan turnamen yang luar biasa. Ini start yang bagus untuk saya, bermain solid, beberapa tembakan bagus dengan forehand dan backhand,” kata Nadal.

Sementara itu wildcard dari Italia, Jannik Sinner, membuat kejutan di babak kedua, dengan mengalahkan unggulan ketiga Stefanos Tsitsipas 6-1 6-7(9) 6-2. Hasil yang membuatnya membalas dendam terhadap petenis Yunani itu, yang mengalahkan dia lewat dua set langsung di babak yang sama di turnamen tahun lalu.

Sinner (19), memimpin 6-1 5-2 sebelum Tsitsipas bangkit, dan mengamankan match point dalam tiebreak. Namun Sinner berhasil mengunci set penentuan, di kala Tsitsipas membuat 58 unforced error di pertandingan itu. Sinner akan meladeni Grigor Dimitrov dari Bulgaria, yang mengalahkan Yoshihito Nishioka 6-1 6-0. Pada pertandingan lain, Novak Djokovic mengalahkan petenis yang masuk melalui wildcard dari Italia Salvatore Caruso 6-3 6-2. (Ant)

Lihat juga...