Karang Taruna di Lamsel Sediakan ‘Marketplace’ Dukung UMKM

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Organisasi Karang Taruna (Katar) di kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, ikut mendukung pemasaran produk usaha kecil, mikro dan menengah di wilayah setempat. Salah satunya dengan menyediakan marketplace.

Budi Prasetiyo, ketua Katar, mengatakan Katar Lamsel memiliki marketplace bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), bernama Kresekin.id. Laman yang memiliki tampilan huruf K warna putih dalam tas kresek hijau ini menjadi media jual beli pelaku UMKM di Lamsel.

Menurut Budi, di marketplace itu pemilik usaha bisa memiliki toko, mulai dari usaha penjualan handphone, komputer, fesyen, elektronik, peralatan rumah tangga hingga kuliner. Seperti marketplace pada umumnya, Katar memberi prioritas kepada pelaku UMKM di Lamsel untuk go digital.

Budi Prasetiyo, Ketua Karang Taruna Kecamatan Ketapang ,Lampung Selatan. Selasa (29/9/2020). -Foto: Henk Widi

“Saat ini sudah memasuki era digitalisasi, sehingga pelaku UMKM bisa selangkah lebih maju untuk bisa memasarkan produk. Dan, melalui Kresekin.id yang dikelola Katar Lamsel, pembeli dan penjual bisa bertemu,” terang Budi Prasetiyo, Selasa (29/9/2020).

Marketplace yang terus dikembangkan tersebut, menurut Budi menjadi peluang bagi pelaku UMKM di Lamsel. Peranan anggota karang taruna yang didominasi oleh generasi melek teknologi ikut mendukung migrasi sistem penjualan offline ke online. Sebagai fasilitas digital, pelaku UMKM didorong beralih ke digital.

Munculnya para pemilik usaha dari kalangan milenial atau kaum muda, sebutnya, ikut mewarnai marketplace Kresekin.id. Karang Taruna tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten, didorong untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Sebagai bentuk dukungan setiap desa, ia meminta adanya alokasi bagi Katar untuk peningkatan kapasitas SDM melalui pelatihan.

“Karang Taruna kecamatan sebagai perpanjangan tangan kabupaten mendorong desa memaksimalkan potensi UMKM yang ada,” cetusnya.

Dukungan bagi UMKM, lanjut Budi Prasetiyo, dilakukan dengan rencana pembentukan Badan Usaha Milik Karang Taruna (Bumkat). Bumkat tersebut bisa menjadi lembaga untuk mewadahi sejumlah Karang Taruna yang mendukung pelaku usaha. Anggota katar di tingkat desa bisa menggandeng pelaku usaha, membantu daya saing produk melalui kemasan dan pemasaran.

Berbagai potensi usaha yang akan dilirik oleh Katar dalam wadah Bumkat, ada tiga jenis usaha. Meliputi bidang pengolahan ikan, konveksi dan laundry.

Potensi UMKM yang bisa digeluti dan didampingi oleh Katar, cukup beragam. Warga asal Desa Pematang Pasir, Ketapang itu mengaku potensi perikanan budi daya telah melahirkan produk bandeng presto. Olahan produk perikanan lain tetap bisa dikembangkan, berbentuk kerupuk, ikan asap, ikan asin, teri, terasi dan produk lainnya.

Kemasan menarik menjadi cara agar produk UMKM layak dijual di marketplace. Menjual secara online dengan pangsa pasar luas, cocok dilakukan kala pandemi Covid-19. Tanpa bertemu langsung pedagang dan penjual, transaksi bisa dilakukan. Penggunaan  dompet digital yang beragam memberi kesempatan untuk migrasi ke uang digital.

“Pelan tapi pasti, para pelaku UMKM dan karang taruna bisa lebih maju dan pemasaran akan makin berkembang,” cetusnya.

Kepala Desa Tridharmayoga, I Made Ardana, menyebut pelaku UMKM di wilayahnya sebagian merupakan usaha kuliner. Potensi usaha kecil telah mendapat dukungan desa, dan kini dengan disediakannya marketplace Kresekin.id oleh Katar Lamsel, bisa membantu. Tawaran untuk mendata dan memasukkan, menjual produk UMKM desa ke marketplace disambut positif.

“Koordinasi oleh Katar bisa dilakukan langsung dengan para pelaku UMKM yang akan mendorong digitalisasi pemasaran,” cetusnya.

Sejumlah produk kuliner dan kerajinan yang dikemas menarik dan sesuai standar, memungkinkan peningkatan penjualan. Bantuan untuk sejumlah UMKM, sebutnya, tetap akan diberikan. Terlebih, sebagian dikelola oleh kaum wanita.

Melalui keberadaan marketplace Kresekin.id yang digagas Karang Taruna Lamsel, berpotensi meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM.

Lihat juga...