Kasus Covid-19 di Kebumen Merata di Semua Kecamatan

Editor: Koko Triarko

KEBUMEN – Lonjakan kasus positif Covid-19 membuat seluruh kecamatan di Kabupaten Kebumen masuk dalam zona merah. Penyebaran Covid-19 sudah merajai 26 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut.

Koordinator Humas Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kebumen, Cokro Aminoto, mengatakan kecamatan yang terdapat kasus positif Covid-19 tertinggi, yaitu Kecamatan Kebumen. Ada 274 kasus positif dan saat ini yang masih menjalani perawatan ada 226 orang, 8 orang meninggal dunia dan 40 orang sudah sembuh.

Sedangkan  di Kecamatan Rowokele terdapat 43 kasus positif Covid-19, dengan perincian yang masih menjalani perawatan ada 6 orang, meninggal 1 orang dan sembuh 36 orang. Dan, di Kecamatan Alian terdapat 40 kasus positif, yang masih dirawat 27 orang, 2 orang meninggal dan sembuh ada 11 orang.

Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto di kantornya, Senin (18/9/2020).  -Foto: Hermiana E. Effendi

“Sampai hari ini, total jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen mencapai 618 orang, hari ini ada penambahan 14 orang positif. Dari jumlah tersebut, 325 orang masih menjalani perawatan dan 17 orang meninggal dunia. Untuk yang sembuh ada 276 orang. Untuk penyebarannya merata di seluruh kecamatan terdapat kasus positif Covid.19,” terangnya, Senin (28/9/2020).

Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto mengatakan, untuk meredam peningkatan angka positif Covid-19 ini, pihaknya segera membentuk satgas penanganan Covid-19, supaya penanganan lebih cepat dan tepat. Satgas ini dibentuk sampai di tingkat kecamatan, desa serta kelurahan. Dan, untuk wilayah yang terdapat banyak kasus positif, disarankan membentuk satgas hingga ke tingkat RT-RW.

Wabup juga meminta kepada masyarakat Kabupaten Kebumen untuk menghentikan kegiatan-kegiatan yang menimbulkan kerumunan, serta membatasi kegiatan di luar rumah dalam 14 hari ke depan.

“Kita pernah memiliki pengalaman sampai bisa zero Covid-19, artinya kondisi peningkatan kasus Covid-19 sekarang ini harus mampu kita atasi, dan saya optimis kita bisa melakukannya bersama-sama,” katanya.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kebumen diminta untuk segera melakukan tracing epidemiologi. Dan, untuk meningkatkan angka kesembuhan pasien positif Covid-19 serta menekan angka kematian, Arif meminta agar dilakukan tracing penyebab terpaparnya Covid-19 pada setiap pasien positif.

Sementara itu, tim gugus tugas juga telah melakukan strerilisasi di lingkungan dan perkantoran yang terdapat kasus positif Covid-19. Sterilisasi juga dilakukan di rumah serta lingkungan sekitar pasien positif.

Pendisiplinan protokol kesehatan juga gencar dilakukan, seperti penertiban kerumunan di Jalan Kusuma, Kebumen yang terdiri dari para pelamar pekerjaan sedang mengantre, kemudian pemantauan protokol kesehatan pada acara keagamaan peringatan haul di Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen.

Lihat juga...