Kasus Covid-19 di Kebumen Terus Meningkat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

KEBUMEN – Kasus Covid-19 di Kabupaten Kebumen terus mengalami peningkatan yang signifikan di tengah hajatan Pilkada yang tengah berlangsung. Dalam dua hari terakhir, kasus Covid-19 bertambah 9 orang dan satu pasien positif meninggal dunia.

Koordinator Humas Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kebumen, Cokro Aminoto mengatakan, pihaknya sudah memberikan warning ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen untuk mengingatkan para bakal calon serta pendukungnya supaya menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Jangan sampai ada klaster Pilkada di Kebumen, karena itu sejak dini kita sudah mengingatkan pihak-pihak terkait,” terangnya, Jumat (11/9/2020).

Lebih lanjut Cokro Aminoto menjelaskan, dari hasil swab test terakhir yang diterima ada penambahan 3 kasus positif baru yaitu RAL (30) laki-laki yang memiliki riwayat perjalanan dari Jambi pada pertengah bulan Agustus lalu, kemudian MUS (57) laki-laki yang berprofesi sebagai pedagang di pasar tradisional dan PBS (43) laki-laki yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien kasus positif Covid-19 sebelumnya.

“Selain penambahan 3 kasus positif, ada satu pasien positif yang meninggal dunia yaitu SH (51) laki-laki. Sehari sebelumnya, kita juga mendapatkan hasil swab test sebanyak 6 orang dinyatakan positif Covid-19, sehingga dalam dua hari terakhir ada penambahan 9 kasus positif dan 1 orang meninggal,” katanya.

Dari 6 orang tersebut, salah satunya adalah pedagang di dekat terminal, SUM (51) perempuan, sehingga kawasan terminal juga dalam pengawasan khusus dan dilakukan swab test terhadap kontak dekat SUM. Dan kasus positif lainnya, MT (45) laki-laki juga seorang pedagang.

Hanya saja ia pedagang luar kota yang kerap pulang-pergi dari Kebumen ke Yogyakarta. Dalam seminggu MT dua kali ke Yogyakarta dan ia mulai merasakan gejala sakit pada akhir bulan Agustus lalu hingga akhirnya dinyatakan positif Covid-19.

Hingga saat ini pasien positif Covid-19 tercatat 267 orang positif, 9 meninggal dunia, 75 orang dalam isolasi dan 183 orang sembuh.

Dengan adanya penambahan tersebut, maka sampai hari ini total jumlah pasien positif Covid-19 ada 267 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 75 orang masih dalam perawatan, 9 orang meninggal dunia dan 183 orang dinyatakan sembuh.

Terpisah, Ketua KPU Kebumen, Yulianto mengatakan, dalam upaya mencegah klaster pilkada, pihaknya sudah mengadakan fasilitas pendukung sarana kesehatan, yaitu pemasangan wastafel sebagai tempat cuci tangan di pintu masuk kantor KPU.

Selain itu juga ada pemasangan wastafel di Desa Banjurpasar, Kecamatan Buluspesantren sebanyak 5 unit dan di Desa Panjer Kecamatan Kebumen sebanyak 5 unit.

“Seluruh proses tahapan pilkada dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam pendaftaran bakal calon. Kita membatasi jumlah tim yang masuk ke ruangan, yaitu hanya bakal calon bupati dan wakil bupati, kemudian ketua dan sekretaris partai pengusung serta dua orang Liaison Officer (LO) dari bakal calon. Untuk pendukung lainnya diminta menyaksikan proses pendaftaran di halaman kantor KPU, kita sudah memfasilitasi siaran langsung,” jelasnya.

Lihat juga...