Keasrian Alam di Air Terjun Proklamator, Indah dan Menakjubkan

Editor: Mahadeva

PADANG – Menikmati alam sembari berpetualang, adalah hal yang sangat menyenangkan. Terlebih jika di dalam hutan ada tempat yang dapat dijadikan tujuan untuk menghilang suntuk dari kejenuhan. Provinsi Sumatera Barat sudah dikenal dengan destinasi wisata alam yang begitu indah. Tidak kalah indah dari daerah lain yang ada di Indonesia.

Seperti keberadaan Air Terjun Proklamator, yang berada di Kota Padang Panjang. Destinasi wisata alam tersebut memiliki pesona yang menarik. Objek wisata Air Terjun Proklamator menjadi salah satu tujuan para traveling saat ke Padang Panjang. Kebanyakan dari mereka yang datang adalah wisatawan lokal.

Air Terjun Proklamator berada persis di kawasan pendakian Gunung Tandikek, via mega mendung. Lokasi tepatnya di kaki Gunung Singgalang. Air terjun tersebut, awalnya ditemukan oleh Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Proklamator, Universitas Bung Hatta (UBH) Padang. Saat itu para mahasiswa pecinta alam tersebut ingin membuka jalur pendakian di wilayah tersebut. Hal itulah yang akhirnya menjadikan air terjun tersebut dikenal dengan Air Terjun Proklamator.

Andi saat berada di Air Terjun Proklamator bersama teman-temanya dazabo/Foto: Ist/M Noli Hendra

Salah seorang pengunjung, Andi mengatakan, dia bersama sahabatnya dazabo, mendapatkan pengalaman baru saat sampai ke lokasi wisata tersebut. “Kita itu sebenarnya modal nekat saja. Karena tidak tahu jalan dan tahunya itu cuma pernah nonton video di youtube. Tapi akhirnya kita tetap selamat sampai tujuan dan selamat pula kembalinya,” kata Andi, Minggu (20/9/2020).

Kendati memiliki tempat yang begitu indah, untuk mencapai lokasi membutuhkan waktu sekitar hampir satu jam lamanya. Lamanya waktu yang dibutuhkan, karena akses jalan yang harus dilalui sungguhlah sulit. Andi menyarankan, bagi yang pertama kali datang ke Air Terjun Proklamator, haruslah membawa tour guide. Selain agar lebih aman selama perjalanan, pemandu juga akan mendampingi untuk melewati kondisi jalan yang lumayan sulit dilalui.”Sepanjang perjalanan itu pemandangannya memang indah. Tapi kondisi jalannya itu menanjak dan juga licin serta memiliki jurang yang cukup membahayakan. Makanya perlu hati-hati,” tandasnya.

Namun, bila berhasil mencapai ke titik lokasi air terjun, persoalan perjalanan yang panjang dan ekstrem langsung hilang sirna seketika. Air terjunnya Proklamato benar-benar indah. Airnya begitu jernih dan bersih. Debit air-nya tidak begitu besar, sehingga masih bisa untuk berdiri di bawah air terjun. Hal itu sangat menyenangkan dilakukan terlebih airnya begitu dingin. “Saya bersama teman-teman tidak pernah bosan untuk berenang dan berendam di sana. Ada banyak video yang kita ambil sewaktu menyelam di air yang jernih itu,” ujar Andi.

Dicky, pengunjung lain mengakui, ada satu kata untuk tempat Air Terjun Proklamator yaitu, wisata alam yang amazing. Sebab berada di kawasan hutan yang jauh dari jangkauan masyarakat. “Tempatnya begitu nyaman dan indah. Paling cocok untuk menenangkan pikiran dan menghilang kejenuhan selama di rumah akibat Covid-19 ini,” tandas salah satu sahabat dari Andi tersebut.

Air Terjun Proklamator mengairi Air Terjun Lembah Anai yang berada di pinggir jalan lintas Padang – Bukittinggi. Karena tergolong baru, belum ada fasilitas yang bisa dimanfaatkan pengunjung di lokasi tersebut. Bagi anda pecinta alam, tempat tersebut sangat cocok menjadi lokasi liburan, apalagi di lokasi air terjun tersebut masih asri dan alami.

Lihat juga...