Kebijakan Pemerintah Belum Berpihak pada Petani Sebut HKTI Jember

JEMBER, JAWA TIMUR — Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Jember, Jawa Timur menilai, kebijakan pemerintah masih belum berpihak kepada petani, sehingga banyak petani yang belum sejahtera.

“Pada momentum Hari Tani Nasional ini masih banyak petani di sini yang menderita karena tidak mendapat pupuk subsidi akibat pengurangan pupuk subsidi yang cukup signifikan,” kata Ketua HKTI Kabupaten Jember, Jumantoro di Jember, Kamis.

Menurutnya, para petani masih kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi dan distribusi kartu tani belum bisa menjadi solusi terbaik dalam menangani kelangkaan pupuk bersubsidi.

“Petani dituntut untuk meningkatkan produksi, tanpa adanya sebuah regulasi yang menguntungkan bagi petani, sehingga tidak jarang banyak petani yang beralih profesi dan meninggalkan lahan pertanian,” tuturnya.

Ia berharap Hari Tani Nasional bisa menjadi momentum pemerintah untuk lebih peduli kepada para petani dengan memperhatikan kebutuhan petani sejak hulu hingga hilir, agar nasib petani bisa lebih sejahtera.

Lihat juga...