Kemarau Lebih Lama Petani Lamsel Tunda Masa Tanam Jagung

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Memasuki akhir September normalnya petani telah melakukan pemupukan tahap kedua pada tanaman jagung. Namun dampak kemarau yang lebih lama, petani memilih untuk menunda pemupukan.

Nurmaidi, petani di Desa Banjarmasin, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan menyebut satu lahan miliknya telah ditanami jagung dua pekan silam. Sebagian tanaman jagung yang telah tumbuh mengalami layu dan mati akibat kekurangan pasokan air.

“Proses penanaman akan ditunda hingga hujan turun. Normalnya saat ini sudah musim penghujan namun sebagian petani menunda masa tanam dengan cara pembersihan lahan,” terang Nurmaidi saat ditemui Cendana News, Rabu (30/9/2020)

Penggunaan bahan kimia herbisida untuk pemusnahan gulma rumput menurut Nurmaidi jadi pilihan praktis. Usai disemprot  jenis rumput kawatan, alang alang bisa layu dan mengering.

Nurmaidi menyebut prediksi yang salah berimbas ia mengalami kerugian jutaan rupiah. Sebab tanpa ada hujan sebagian tanaman jagung yang telah ditanam dengan sistem tajuk kering dan mati.

Fasilitas sumur bor sedalam 70 meter bantuan Kementerian Pertanian sebut Nurmaidi memiliki debit air terbatas. Air yang disedot hanya mampu mengairi lahan seluas satu hektare secara bergantian.

Kemarau yang masih berlangsung di Lamsel berdampak bagi lahan milik Samino. Ia memilih melakukan proses pembersihan lahan saat musim kemarau. Penerapan sistem perun atau pembersihan lahan dengan cara membakar menurutnya lebih praktis.

“Lebih hemat dan cepat pembersihan gulma memakai proses pembakaran karena tidak harus membeli,” terang Samino.

Normalnya petani telah melalukan pembersihan lahan akhir Agustus hingga awal September. Namun imbas kemarau petani menunggu hingga kemarau berakhir. \

Penundaan masa tanam jagung dan komoditas pertanian lain sebut Nurmaidi mempertimbangkan cuaca. Meski hujan kerap turun namun intensitas yang masih ringan belum bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam.

Penundaan masa tanam sebutnya bisa dimanfaatkan untuk penebaran pupuk dolomit. Selain itu penambahan pupuk kandang dan organik untuk menyuburkan tanah.

Lihat juga...