Kementerian ESDM: Kajian B40 Diharapkan Selesai dalam Waktu Dekat

JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus melakukan kajian untuk penerapan Biodiesel B40.

“Meneruskan jejak keberhasilan penerapan B30, Kementerian ESDM juga terus melakukan pengkajian untuk penerapan B40 yang diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial dalam acara virtual di Jakarta, Selasa.

Selain itu, dia juga menambahkan bahwa selama setahun terakhir berbagai catatan kinerja telah dicapai oleh Kementerian ESDM, antara lain penetapan UU Minerba, harga gas industri telah turun, regulasi kontrak migas yang lebih fleksibel hingga regulasi energi baru terbarukan yang telah siap diterbitkan.

Dalam penyediaan listrik, rasio elektrifikasi telah meningkat menjadi 98,8 persen. Sementara kapasitas terpasang pembangkit listrik nasional hingga saat ini telah mencapai lebih dari 71 GW. Angka ini naik 1,3 GW dibandingkan akhir tahun 2019 lalu sebesar 69,7 GW.

Kemudian sejak 2018 pengembangan pembangkit difokuskan kepada pengembangan pembangkit-pembangkit yang berbasis energi baru terbarukan.

“Implementasi kebijakan di sektor ESDM kami gerakkan secara lebih dinamis, untuk mengimbangi perkembangan dunia yang berkembang sangat pesat,” katanya.

Dalam rangka melindungi ekonomi rakyat, kebijakan pro rakyat di sektor energi pun terus digalakkan. BBM satu harga, pembagian konverter kit LPG baik untuk petani dan nelayan kecil, pembangunan jaringan gas kota, sumur bor air bersih hingga penyediaan listrik bagi masyarakat yang belum menikmati listrik sama sekali.

Sekitar 50 persen anggaran Kementerian ESDM dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur yang dinikmati langsung oleh masyarakat.

“Dengan mengusung tema bangkit untuk Indonesia Maju, Hari Jadi Pertambangan dan Energi pada tahun ini merefleksikan semangat insan pertambangan dan energi untuk bangkit bersama menghadapi tantangan pandemi, tidak mengendorkan semangat untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan bangsa,” ujar Ego Syahrial. [Ant]

Lihat juga...