Ketahanan Pangan, Benih Ikan Patin Ditebar di Sembilan Situ di Bekasi 

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Wakil Wali Kota Bekasi, Jawa Barat, Tri Adhianto, secara simbolis menebar 250 ribu benih ikan patin di Situ Rawa Gede, Bojong Menteng, Rawalumbu. Penebaran dilakukan di sembilan Situ wilayah Kota Bekasi.

Benih ikan tersebut bantuan dari Provinsi Jawa Barat atas pengajuan dari Pemkot Bekasi. Bantuan ikan akan diberikan secara bertahap.

“Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki program ketahanan pangan, salah satunya yakni penyebaran benih ikan di Situ dan Rawa,” ungkap Dede Hermawan, kepala Cabang Bidang Kelautan dan Perikanan Jawa Barat wilayah Utara, Jumat (25/9/2020).

Dikatakan bahwa ikan yang ditebar sesuai permintaan Pemkot Bekasi dalam pengajuannya. maka untuk saat ini diberikan 250 ribu benih ikan Patin yang ditebar di Situ Rawa Gede. Secara bertahap akan disebar di semua Situ yang ada di Kota Bekasi.

Dia menilai, penyebaran benih ikan Patin di lokasi Situ Rawa Gede tersebut, besar kemungkinan berkembang, melihat kondisi air pada Situ tersebut.

Menurutnya Pemprov Jabar akan memberikan kembali benih ikan Lele sebanyak 50 ribu. Namun demikian ikan Lele tentunya tidak bisa dilepas di area luar, maka harus ditempatkan di dumbar atau terpal. Artinya harus ditempat khusus.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, Pemprov Jabar memiliki program menyebarkan benih ikan sebanyak 11.500 benih ikan di seluruh wilayah se-Jabar. Saat ini, kebetulan giliran Kota Bekasi, hingga mencukupi total penyebaran se Jabar mencapai 9.500 benih ikan.

“Pekan depan kita akan menebarkan di wilayah Kota Tasik dan Pangandaran,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengakui manfaat dari penyebaran benih ikan tersebut, selain ketahanan pangan juga pembangunan yang berkelanjutan. Jika unifikasi dengan baik dipastikan banyak manfaat yang dirasakan masyarakat sekitar.

“Penyebaran benih ikan ini bukan hanya warga sekitar, tapi warga lain juga ikut menjaga guna dapat merasakan hingga akhirnya ke tingkat kota. Ini akan sejalan dengan program pemerintah Kota Bekasi yakni ketahanan pangan,” ujar Mas Tri.

Dikatakan ke depan Pemkot Bekasi, akan kembali melakukan hal itu. Bahkan tidak saja ikan Patin, melainkan ikan Lele dan lainnya.

“Tadi sudah saya sampaikan ke Pak Dede selaku Kepala bidang wilayah utara Suku Dinas Perikanan Provinsi Jawa Barat, terkait penambahan ikan guna stimulan ke depan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Disketapngtan) Alexander Zulkarnaen di tempat sama mengatakan, kegiatan ini intinya Ketahanan Pangan. Ketahanan Pangan yakni ketersediaan pangan dan pemanfaatan pangan. Sekarang yang terpenting adalah ketersediaan pangan yang tinggi, guna memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein.

Lihat juga...