Kibarkan Bendera Setengah Tiang untuk Kenang Peristiwa Kelam G30S/PKI

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Warga di Lampung Selatan memasang bendera setengah tiang untuk kenang peristiwa kelam Gerakan 30 September 1965 serta mengajak serta anak ia mengedukasi anak untuk mengingat sejarah.

Edi Gunawan, salah satu warga Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan menyebutkan, mengenang sejarah G 30 S/PKI sebagai cara untuk menghindari bahaya laten komunis di Indonesia. Sebagai ideologi yang dilarang generasi muda wajib mengetahui sejarah kelamnya.

“Pengibaran bendera setengah tiang rutin dilakukan sebagai pengingat bagi generasi muda akan bahayanya paham dan ideologi komunis yang akan menggantikan Pancasila namun digagalkan,” terang Edi Gunawan saat ditemui Cendana News,Rabu (30/9/2020).

Pengibaran bendera merah putih sebutnya akan dilanjutkan dengan kegiatan menonton film pengkhianatan G 30 S/PKI. Ppada 1 Oktober 2020 esok setiap warga wajib mengibarkan bendera tiang penuh saat hari kesaktian Pancasila.

Christeva, salah satu anak usia sekolah menyebut mengibarkan bendera setengah tiang di depan rumah. Selain melakukan pengibaran bendera ia juga menonton sejarah singkat peristiwa G30 S/PKI melalui aplikasi WhatsApp. Ia juga menonton film pengkhianatan yang ditayangkan pada salah satu stasiun televisi.

“Hari ini status WhatsApp kawan kawan sekolah rata rata menayangkan video sejarah singkat peristiwa G30 S/PKI,” terangnya.

Christeva (kiri) menyiapkan bendera setengah tiang mengenang peristiwa kelam Gerakan 30 September atau G30S PKI, Rabu (30/9/2020). Foto: Henk Widi

Sunarso, Kepala Desa Berundung,Kecamatan Ketapang menyebut ia memerintahkan pemasangan bendera setengah tiang. Pemasangan bendera tersebut saat ini mulai jarang dilakukan oleh warga. S

“Makna mengenang peristiwa yang dikenal sebagai Gestapu untuk mengingatkan kembali agar tidak muncul bahaya komunis,”paparnya.

Desa Berundung sebutnya telah melakukan pengibaran bendera merah putih setengah tiang sejak pagi. Rencananya akan dilakukan nonton bareng film G30 S/PKI namun imbas Covid-19 kegiatan tersebut tidak bisa dilakukan. Aktivitas menonton film G30 S/PKI disebutnya akan dilakukan pada rumah masing masing.

Lihat juga...