Kodim Banyumas Distribusikan 250 Velbed untuk Karantina Pasien Covid-19

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Dandim 0701/Banyumas, Letkol Inf. Candra di Makodim, Rabu (30/9/2020). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

PURWOKERTO — Bertambahnya angka positif Covid-19 membuat Kabupaten Banyumas harus menyiapkan ruang karantina tambahan. Sampai saat ini Kodim 0701/Banyumas juga sudah mendistribusikan 250 velbed untuk pasien yang melakukan karantina.

Ada dua lokasi yang dijadikan tambahan untuk tempat karantina, yaitu Wisma Gunung Slamet mempunyai kapasitas lebih dari 100 orang dan untuk mess Wijayakusuma bisa menampung sampai 70 orang. Sebelumnya Balai Diklat milik Pemkab Banyumas sudah dijadikan lokasi karantina. Semua tempat karantina berada di kawasan Baturaden, dipilih yang tidak berdekatan dengan pemukiman padat penduduk.

Dandim 0701/Banyumas, Letkol Inf. Candra mengatakan, pihaknya sudah mendistribusikan 250 velbed. Pertama 80 velbed didistribukan ke Balai Diklat Baturaden, kemudian 120 ke wisma Gunung Slamet dan terakhir 50 ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas sebagai cadangan.

“Total per hari ini ada 250 velbed yang kita kirim dan jika dibutuhkan tambahan, kita siap untuk mendistribusikan lagi,” kata Dandim, Rabu (30/9/2020).

Untuk tempat karantina Balai Diklat Baturaden, saat ini sudah terisi penuh yaitu sebanyak 126 orang. Sehingga dua lokasi karantina lainnya disiapkan.

Dandim yang sempat mengunjungi dua lokasi karantina baru tersebut mengatakan, baik mess Wijayakusuma ataupun wisma Gunung Slamet sudah siap untuk digunakan. Fasilitas velbed dan lainnya sudah terisi, sehingga jika sewaktu-waktu ada yang dikirim ke dua tempat tersebut untuk isolasi, sudah bisa langsung ditempati.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto mengatakan, kapasitas rumah sakit yang ada di Kabupaten Banyumas masih tersedia. Pasca 15 santri pondok pesantren dinyatakan sembuh, sekarang tersisa 35 ruang isolasi di beberapa rumah sakit.

“Kapasitas ruang isolasi di rumah sakit masih ada sekitar 35 kamar, jika ditambah dengan dua lokasi yang sudah kita siapkan di Baturaden, maka untuk karantina masih bisa menampung ratusan orang. Namun, kita berharap tempat karantina tersebut tidak akan sampai penuh,” tuturnya.

Dari data Dinkes Kabupaten Banyumas, sampai hari ini ada 182 pasien terkonfirmasi positif yang masih menjalani perawatan pada beberapa rumah sakit. Untuk total jumlah kasus positif Covid-19 ada 540 orang, dengan perincian sebanyak 12 orang meninggal dunia dan 346 sudah dinyatakan sembuh.

Lihat juga...