Koperasi Cipta Agung Mandiri Bantaragung Gulirkan Rp40 Juta per Bulan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MAJALENGKA – Warga Desa Bantaragung, Majalengka, Jawa Barat, benar-benar diuntungkan dengan adanya program Desa Cerdas Mandiri Lestari yang dijalankan Koperasi Cipta Agung Mandiri di desa mereka.

Bagaimana tidak, meski belum lama berjalan, sejumlah program koperasi telah mampu menjadi solusi nyata dalam membantu perekonomian warga di tengah masa pandemi Covid-19 sejak beberapa waktu terakhir.

Tercatat, selama periode Februari hingga Agustus 2020 ini hampir separuh KK dari total 1173 KK di Desa Bantaragung, telah merasakan manfaat program pinjaman modal usaha yang dikelola Unit Modal Kita, Koperasi Cipta Agung Mandiri.

“Hingga Agustus 2020 ini sudah ada sekitar 600 anggota koperasi memanfaatkan pinjaman usaha Modal Kita. Mereka tersebar di 10 kelompok yang ada di 11 wilayah RW dan 4 dusun. Padahal kita baru mulai aktif pada Februari 2020 lalu,” ujar Manajer Umum Koperasi Cipta Agung Mandiri, Heriyanta, belum lama ini.

Heri menyebut, dengan adanya bantuan pinjaman modal usaha ini, warga pun bisa mendapatkan suntikan atau tambahan modal untuk menjalankan usaha mereka pasca-terdampak Covid-19. Tak terkecuali warga miskin yang berasal dari keluarga sejahtera 1 maupun prasejahtera.

“Melalui unit simpan pinjam Modal Kita, koperasi bertekad membantu warga Bantaragung agar bisa mengembangkan usahanya. Kita berikan mereka pinjaman modal usaha dengan besaran rata-rata Rp1-3 juta per nasabah. Tak seperti lembaga lain, pinjaman ini memiliki bunga yang lebih ringan serta syarat yang jauh lebih mudah,” ujarnya.

Setiap bulannya, Heri menyebut pihaknya rutin menggelontorkan dana pinjaman usaha hingga mencapai Rp40 juta untuk keperluan modal warga Bantaragung yang telah menjadi anggota koperasi. Jika ditotal jumlah guliran dana pinjaman modal usaha ini telah mencapai Rp1,3 miliar.

“Bantuan pinjaman usaha ini kita prioritaskan bagi warga miskin, baik itu dari kelompok sejahtera 1 maupun prasejahtera. Khususnya mereka yang telah memiliki usaha. Sehingga diharapkan pendapatan maupun kesejahteraan mereka bisa meningkat,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2019 lalu Yayasan Damandiri mencanangkan Desa Bantaragung, Majalengka, Jawa Barat, sebagai Desa Cerdas Mandiri Lestari. Melalui Koperasi Cipta Agung Mandiri, berbagai program dijalankan. Semua itu dilakukan tak lain untuk mengatasi persoalan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan seluruh warga desa.

Lihat juga...