KPKP Jakpus Vaksinasi Hewan Penular Rabies

Petugas melakukan vaksinasi bagi anjing yang berpotensi menjadi penular rabies - Dok: CDN

JAKARTA – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat, memberikan sterilisasi dan vaksinasi gratis untuk Hewan Penular Rabies (HPR) yang merupakan peliharaan warga.

“Khusus hari ini saja kami sudah memvaksin 90 ekor HPR. Untuk sterilisasi kami kerja sama dengan klinik-klinik hewan, sudah ada 30 ekor kucing jantan dan 5 ekor kucing betina yang akan disteril,” ujar (Plt) Kepala Sudin KPKP, Suharini Eliawaty saat dihubungi, Rabu (23/9/2020).

Ada tiga klinik di Jakarta Pusat yang berkolaborasi dalam vaksinasi dan sterilisasi, dalam rangka peringatan Hari Rabies Sedunia, yaitu Jakarta Vet Cideng milik drh Gunawan, Glourius Pet dan Pet+Vet milik drh Eka di Karet Tengsin, Tanah Abang.

Kegiatan serupa juga dilakukan di empat wilayah kota lainnya, yaitu di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

Khusus di wilayah Jakarta Pusat, wanita yang akrab dipanggil Elly itu mengatakan, akan ada acara puncak bertepatan dengan penyelenggaraan Hari Rabies Sedunia pada Senin (28/9), dengan vaksinasi “drive thru” di Gedung Dinas KPKP DKI Jakarta yang terletak di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

“Nanti di tanggal 28 kita akan ada vaksinasi dan pemeriksaan ‘drive thru’. Kita mau mengikuti protokol kesehatan tidak menciptakan kerumunan. Jadi, nanti warga Jakarta boleh untuk datang menggunakan kendaraannya dan hewannya kita cek langsung dengan metode ‘drive thru’ itu,” ujar Elly.

Di Jakarta Pusat, hingga Rabu, sebanyak 2.516 ekor hewan telah diberikan vaksin rabies untuk mencegah penyebaran virus rabies. Yaitu 783 anjing, 1.708 kucing, 9 kera dan 6 musang. (Ant)

Lihat juga...