Kualifikasi Liga Champions, Benfica Ditantang PAOK

Para pemain Benfica, saat melawan Sporting CP di Stadion Luz di Lisbon pada 25 Juli 2020 – Foto Dok Ant

JAKARTA – Juara Eropa dua kali, Benfica, akan menjalani laga tandang yang berat menghadapi klub Yunani PAOK, berdasarkan undian yang dilakukan Senin (31/8/2020), untuk kualifikasi ketiga Liga Champions.

Red Star Belgrade, mantan juara Eropa lainnya menjadi 16 tim, yang berada di undian tersebut yang seharusnya bertandang ke Siprus, untuk menjajal Omonia Nicosia, yang secara mengejutkan menghentikan Legia Warsaw di babak sebelumnya.

Dynamo Kiev akan menjamu klub Belanda AZ Alkmaar, sedangkan Ferencvaros meladeni Dinamo Zagreb. Seperti babak kualifikasi kedua, sebelumnya semua laga akan dimainkan pada 15 sampai 16 September. Dan hanya satu leg akibat pandemi COVID-19, dan masih tetap tanpa penonton. Dua tim dihapus karena skuadnya positif COVID-19, yakni juara Liga Slowakia, Slovan Bratislava, dan juara Liga Kosovo, Drita.

Para pemain AC Milan saat menghadapi Bologna pada 15 Juli 2020 di Stadion San Siro di Milan – Foto Dok Ant

Sementara itu, juara Eropa tujuh kali, AC Milan, akan memulai petualangan mereka di Liga Europa musim ini dengan laga tandang melawan Shamrock Rovers. Kedua tim bertemu dari hasil undian babak kualifikasi kedua yang digelar Senin (31/8/2020).

Milan yang finis urutan enam dalam Serie A, kembali ke kancah sepak bola Eropa setelah larangan satu tahun yang dikenakan UEFA. Larangan karena melanggar aturan Financial Fair Play, yang membuat mereka tak boleh tampil pada Liga Europa musim lalu.

Satu-satunya pertemuan Milan terdahulu dengan klub Irlandia terjadi pada 1975, ketika mereka mengalahkan Athlone Town dalam agregat 3-0 di Piala UEFA. Ini adalah pertemuan paling besar bagi sebuah tim Liga Irlandia, sejak Cork City menghadapi Bayern Muenchen di Piala UEFA 1991-1992, Dan mereka seri 1-1 di kandang sebelum kalah 0-2 di Jerman.

Menurut Transfermarkt, skuad Shamrock saat ini hanya bernilai 1,95 juta euro, sedangkan Milan 393,2 juta euro. Sementara Klub Liga Premier Tottenham Hotspur akan menghadapi klub Bulgaria Lokomotiv Plovdiv, dan tim Bundesliga VfL Wolfsburg akan bertandang ke Albania untuk melawan Kukes. 46 pertandingan Liga Europa ini akan dimainkan dalam satu leg akibat pandemi COVID-19 dan dimainkan tanpa penonton. Pertandingan akan dimainkan pada 17 September. (Ant)

Lihat juga...