KUD Gemah Ripah Tetap Kedepankan Prinsip Kekeluargaan di Tengah Pandemi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Manager Umum KUD Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Ambyah (dok CDN)

YOGYAKARTA — KUD Gemah Ripah yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari, Trirenggo, Bantul tetap konsisten mengedepankan prinsip kekeluargaan dalam menjalankan pengelolaan keuangan di tingkat desa.

Hal itu dapat terlihat dari kebijakan Koperasi yang tidak serta merta memaksakan setiap anggotanya untuk membayar angsuran bulanan di tengah sulitnya kondisi ekonomi akibat Covid-19. Terlebih bagi para anggota atau nasabah koperasi yang terdampak sejak beberapa bulan terakhir.

Manager Umum KUD Gemah Ripah, Ambyah, mengakui banyaknya anggota koperasi yang pendapatannya atau penghasilannya menurun akibat Covid-19. Hal itu berimbas pada kemampuan anggota dalam membayar angsuran bulanan pinjaman modal usaha ke koperasi.

“Semenjak adanya Covid-19, banyak anggota koperasi kesulitan membayar angsuran bulanan. Karena memang banyak nasabah berasal dari keluarga miskin baik itu dari kelompok pra sejahtera maupun sejahtera 1. Sehingga ketika mereka dirumahkan atau usahanya terhenti, mereka tidak punya penghasilan,” ungkapnya Selasa (16/09/2020).

Melihat kondisi tersebut, KUD Gemah Ripah pun mengambil kebijakan dengan memberikan keringanan bagi semua anggota terdampak Covid-19 dalam hal pembayaran angsuran bulanan. Keringanan itu berupa sistem pembayaran angsuran yang dibuat lebih longgar dari biasanya.

“Jadi nasabah yang kesulitan membayar angsuran, kita beri keringanan dengan hanya membayar bunganya saja setiap bulan. Sementara pembayaran angsuran pokok bisa dilakukan secara bertahap hingga beberapa kali sesuai kemampuan,” ujarnya.

Dengan cara ini diharapkan, beban ekonomi warga Desa Cerdas Mandiri Lestari Trirenggo, khususnya para anggota koperasi tidak semakin berat di tengah masa pandemi. Meski begitu, perputaran keuangan koperasi juga tetap bisa berjalan untuk kepentingan seluruh anggota.

“Selain memberikan kemudahan dalam hal pembayaran angsuran bulanan, Koperasi selama ini juga telah berperan aktif membantu para anggota. Mulai dari menyalurkan bantuan sembako bagi warga terdampak, hingga mengusulkan anggota mendapatkan bantuan modal usaha. Diharapkan berbagai upaya ini bisa membantu warga terlepas dari keterpurukan akibat Covid-19,” pungkasnya.

Lihat juga...