Lewis Hamilton Raih Pole Position di GP Italia

Pebalap tim Mercedes Lewis Hamilton merebut pole position Grand Prix Italia di Sirkuit Monza, Sabtu (5/9/2020). -Ant

JAKARTA – Lewis Hamilton meraih pole position Grand Prix Italia setelah menjadi yang tercepat di babak kualifikasi, Sabtu, dengan catatan waktu satu menit 18,887 detik yang menjadi rekor baru di Sirkuit Monza. Valtteri Bottas mengamankan dua baris terdepan untuk Mercedes, setelah terpaut 0,069 detik dari catatan waktu rekan satu timnya itu.

Carlos Sainz mendapati hasil terbaiknya di kualifikasi musim ini, dengan membawa McLaren ke peringkat tiga dengan selisih waktu 0,8 detik dari duet Mercedes, yang masih terlalu tangguh musim ini, demikian laman resmi Formula 1.

Sergio Perez akan start di samping pebalap asal Spanyol itu dengan mobil Racing Pointnya.

“Pemilihan waktu tim hari ini fantastis, kapan mereka menurunkan kami ke trek. Ini sangat membutuhkan lap yang bersih, Valtteri sangat, sangat dekat. Aku membuat beberapa perubahan menuju kualifikasi dan aku sedikit gugup, apakah itu hal yang benar aku lakukan,” kata Hamilton, setelah meraih pole position ke-94 dalam kariernya itu.

Sementara itu, Max Verstappen terpaut 0,9 detik dari pemuncak sesi dan akan start dari P5 di depan pebalap McLaren lainnya, Lando Norris.

Daniel Ricciardo menjadi pebalap terakhir yang berjarak kurang dari satu detik dari catatan waktu Mercedes dan akan start di P7 di depan mobil Racing Point kedua yang dikemudikan Lance Stroll.

Di mobil Red Bull kedua, Alexander Albon akan start P9 di depan duet AlphaTauri Pierre Gasly dan Daniil Kvyat.

Tidak seperti tahun lalu, sesi Q3 kualifikasi kali ini tidak menyaksikan para pebalap yang menunggu saat-saat terakhir untuk mencuri keuntungan dengan melaju di belakang pebalap lainnya, memanfaatkan slipstream.

Jelang kualifikasi FIA menginstruksikan para pebalap, bahwa diperlukan catatan waktu minimal satu menit 43 detik per putaran untuk mencegah para pebalap melaju lamban di trek menyusul, sejumlah insiden di trek di mana Hamilton harus menghindari sejumlah pebalap dalam kecepatan tinggi ketika di FP3.

Dan, mulai GP Italia, para pebalap hanya diperbolehkan menggunakan satu mode mesin, baik di kualifikasi maupun balapan nanti.

Ferrari menuju balapan di kandang mereka setelah mendapati hasil finis terburuk mereka musim ini di Spa. Penderitaan tim pabrikan asal Maranello itu berlanjut ketika Charles Leclerc dan Sebastian Vettel gagal lolos ke peringkat 10 besar kualifikasi.

Juara dunia empat kali Vettel gagal melaju dari Q1 dan akan start P17, di belakang dua mobil Haas yang juga ditenagai mesin Ferrari milik Kevin Magnussen dan Romain Grosjean.

Sedangkan Leclerc tidak mampu lebih cepat untuk lolos ke Q3 dan akan start P13 di belakang pebalap Renault Esteban Ocon.

Berikut hasil kualfikasi GP Italia:

1 Lewis Hamilton Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1m 18,887
2 Valtteri Bottas Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1m 18,956
3 Carlos Sainz McLaren F1 Team 1m 19,695
4 Sergio Perez BWT Racing Point F1 Team 1m 19,720
5 Max Verstappen Aston Martin Red Bull Racing 1m 19,795
6 Lando Norris McLaren F1 Team 1m 19,820
7 Daniel Ricciardo Renault F1 Team 1m 19,864
8 Lance Stroll BWT Racing Point F1 Team 1m 20,049
9 Alexander Albon Aston Martin Red Bull Racing 1m 20,090
10 Pierre Gasly Scuderia AlphaTauri Honda 1m 20,177
11 Daniil Kvyat Scuderia AlphaTauri Honda
12 Esteban Ocon Renault F1 Team
13 Charles Leclerc Scuderia Ferrari
14 Kimi Raikkonen Alfa Romeo Racing Orlen
15 Kevin Magnussen Haas F1 Team
16 Romain Grosjean Haas F1 Team
17 Sebastian Vettel Scuderia Ferrari
18 Antonio Giovinazzi Alfa Romeo Racing Orlen
19 George Russell Williams Racing
20 Nicholas Latifi Williams Racing (Ant)

Lihat juga...