Lezatnya Pempek Kulit Tenggiri Cuka Taucho Khas Teluk Betung

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Pempek jadi salah satu kuliner berbahan ikan yang kerap dibuat warga pesisir pantai. Hasil tangkapan ikan yang melimpah menjadi bahan pembuatan, memberikan pempek kulit tetap bertahan.

Halimah, salah satu pedagang di pasar Gudang Lelang, Teluk Betung, Bandar Lampung menyebut, ia membuat pempek lenjer, keriting, lenggang, pastel, adaan, kapal selam dan kulit. Pempek dibuatnya dengan bahan ikan tenggiri, parang dan kakap.

Meski kuliner pempek asal Palembang, namun kreasi dari pembuat di Teluk Betung menyesuaikan selera lidah konsumen. Pempek kulit dari ikan tenggiri dibuat setelah bagian daging diolah menjadi varian pempek lenjer.

“Setiap hari saya membuat pempek sebanyak lima kilogram berbagai varian, pempek kulit rata rata dibuat satu kilogram dari kulit ikan tenggiri banyak diminati warga untuk sarapan,” terang Halimah saat ditemui Cendana News, Sabtu (5/9/2020).

Halimah mengaku sebagian pelaku usaha kuliner berbahan ikan didominasi istri nelayan. Hasil tangkapan ikan selain dijual dalam kondisi segar sebagian diolah menjadi produk kuliner. Proses pembuatan cukup mudah. Bahan yang disiapkan meliputi satu kilogram kulit ikan tenggiri yang dagingnya dibuat pempek jenis lain.

“Kulit ikan tenggiri sudah dipilih dan dibersihkan, daripada dibuang jenis kulit tersebut masih bernilai ekonomis,” bebernya.

Kulit ikan tenggiri yang telah dihaluskan dengan blender akan dicampurkan dengan sejumlah bumbu. Bumbu yang disiapkan telah dihaluskan berupa bawang putih, telur, daun bawang, merica. Proses pengadonan bahan menggunakan alat pengaduk mixer. Selanjutnya tambahkan santan, soda kue untuk mengembangkan adonan. Beri tambahan garam, penyedap rasa.

Adonan yang telah dicampur beebagai bumbu selanjutnya ditaburi tepung tapioka dan terigu. Halimah membagikan resep menghindari pempek alot proses pengadonan kedua tepung dilakukan tidak terlalu lama. Setelah adonan tercampur sempurna selanjutnya adonan dibentuk pipih oval. Pempek kulit ikan yang telah dibuat menurutnya akan dikukus atau langsung digoreng sesuai selera.

Sebagai pelengkap kuah ia menggunakan kuah cuka taucho. Umumnya pempek akan disantap bersama dengan kuah cuka namun jenis pempek kulit tenggiri lebih nikmat dengan cuka taucho. Bumbu dibuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Cairan akan dicampurkan dengan cuka sebagai pelengkap kelezatan menikmati pempek kulit ikan tenggiri khas Teluk Betung.

Santi, penjual kuliner berbahan ikan mengaku pempek ikan kulit kerap disajikan dengan cara dibakar. Ia memilih menyajikan sejumlah kuliner ikan yang dibuat tanpa minyak. Selain direbus jenis pempek kulit bisa disajikan dengan cara dibakar. Proses pembakaran akan dilakukan dengan bungkus daun pisang.

“Pempek kulit yang dibakar akan memiliki sensasi renyah yang disukai konsumen yang menghindari gorengan,” terangnya.

Pedagang ikan bernama Sarinem menyebut berbagai jenis ikan kerap dijadikan bahan kuliner. Pembuat makanan tradisional otak otak, tekwan, bakso dan pempek kerap menggunakan ikan laut. Pelanggan pembuat pempek kerap membeli ikan tenggiri seharga Rp65.000 per kilogram. Jenis ikan lain yang digunakan untuk pempek diantara jolot, parang.

“Jenis ikan tenggiri kerap dipilih karena memiliki tekstur lembut dan rasa yang gurih, bagian daging dan kulit bisa dimanfaatkan,” cetusnya.

Penyuka pempek kulit tenggiri, Stevani, warga Bumiwaras, Teluk Betung menyebut rasa renyah jadi pilihan baginya. Pempek kulit memiliki tekstur kasar pada bagian luar namun lembut pada bagian dalam. Ia menyukai pempek kulit yang telah digoreng dengan tambahan cuka taucho. Cuka taucho yang memiliki rasa kecut berpadu dengan gurihnya pempek kulit.

“Pempek kulit renyah saat disajikan dalam kondisi digoreng lalu dicelupkan pada kuah cuka taucho,” bilangnya.

Harga pempek kulit tengggiri perbuah hanya Rp2.500 sehingga selalu jadi menu sarapan. Selain pempek kulit tenggiri ia kerap membeli jenis pempek telur. Olahan pempek dengan bahan tepung terigu dan ikan menurutnya jadi pengganti nasi saat sarapan. Selain mengenyangkan bahan dari ikan memiliki nilai gizi dan protein tinggi.

Lihat juga...