Malang Luncurkan Situs Jual Beli Online Bantu UKM Pasarkan Produk

Editor: Koko Triarko

MALANG – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) terus berupaya membangkitkan kembali kondisi perekonomian kota Malang, di tengah situasi pandemi Covid-19, dengan bersinergi bersama komunitas masyarakat untuk memasarkan berbagai produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) secara online.

“Ada 100 lebih produk dari para pelaku UMKM kota Malang yang sudah siap dipasarkan dan diperjualbelikan lewat Malanggleerrr.com. Mulai dari makanan, kerajinan sampai dengan fesyen,” jelas Kepala Diskopindag Kota Malang, Wahyu Setianto, usai launching Malanggleerrr.com yang dikemas bersamaan dengan peringatan Hari Pelanggan Nasional di Kartini Imperial Building, Sabtu (12/9/2020).

Menurut Wahyu, situs ini nantinya akan lebih banyak lagi mengakomodir produk-produk UMKM, karena siapa saja bisa mendaftar dan menjual produknya di sini. Apalagi, banyak dari para pelaku UMKM yang produknya sementara ini masih belum dikenal oleh masyarakat.

“Jadi, sudah menjadi tugas kami Diskopindag, bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan komunitas, agar produk-produk UMKM ini bisa dikenal oleh masyarakat,” ucapnya.

Disebutkan Wahyu, tidak ada biaya administrasi yang dibebankan bagi UMKM yang ingin memasarkan produknya melalui Malanggleerrr.com, karena situs ini dibuat murni untuk membantu UMKM agar bisa eksis.

“Kami berharap, para pelaku UMKM kota Malang bisa semaksimal mungkin kesempatan ini untuk mempromosikan sekaligus memasarkan produk-produk mereka,” tuturnya.

Lebih lanjut, Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan, adanya inisiasi komunitas masyarakat dalam membuat situs belanja online ini merupakan salah satu bentuk pentahelix, antara pemerintah dengan komunitas masyarakat.

“Ini menunjukkan pentahelix kita bukan omong kosong,” sebutnya.

Menurutnya, UMKM akan mati jika tidak ada yang memfasilitasi. Padahal, kekuatan ekonomi di Indonesia berada di sektor UMKM yang tidak terpengaruh oleh situasi ekonomi global.

“Semua produk yang ada di sini sudah terdaftar di Malanggleerrr secara online. Jadi, meskipun barangnya ada di sini, tapi penjualnya tidak dihadirkan karena mereka bisa memantau melalui Malanggleerrr.com,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda kota Malang,  Widayati Sutiaji, menyambut baik hadirnya situs Malanggleerrr.com yang memudahkan pelaku UMKM memasarkan produknya. Menurutnya, ke depan pelaku UMKM  tidak bisa hanya berjualan secara online, tetapi harus bisa memamerkan produk-produknya yang bisa langsung dilihat mata.

“Kami Dekranasda sudah memiliki ruang pamer yang berlokasi di rumah solusi. Jadi, harapan saya nanti UMKM yang ada di Malang gleerrr ini bisa ikut bergabung dengan Dekranasda untuk memamerkan produknya secara langsung,” pungkasnya.

Lihat juga...