Masa Pandemi Kesadaran Masyarakat Berolahraga Semakin Meningkat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Adanya pandemi Covid-19 ternyata ikut mendorong kesadaran masyarakat untuk ikut aktif berolahraga secara rutin. Hal itu terlihat dari ramai serta penuhnya sarana olahraga di sejumlah daerah.

Hal itulah yang dimanfaatkan pemerintah Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta dengan membuka Sport Center Kepuharjo. Belum genap satu bulan diresmikan, Sport Center Kepuharjo yang dikelola Karang Taruna ini, ternyata telah ramai pelanggan.

Pengelola Sport Center Kepuharjo, Ghani Sadat, menyebut sejak dibuka Agustus lalu, slot pemesanan Sport Center Kepuharjo saat ini telah penuh. Bahkan pemesanannya terpenuhi hingga bulan Desember mendatang.

Pengelola Sport Center Kepuharjo, Ghani Sadat, saat dijumpai Cendana News, Jumat (11/9/2020) – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Sudah banyak kelompok masyarakat yang menyewa, terutama dari luar wilayah desa. Selama seminggu, untuk lapangan bola mini dan futsal bahkan digunakan selama 6 hari. Karena memang, pasca pandemi ini minat masyarakat untuk berolahraga sangat tinggi,” ungkapnya Jumat (11/9/2020).

Lokasinya yang berada di lereng gunung Merapi, dengan udara yang sejuk dan segar menjadi pertimbangan sejumlah masyarakat memilih memanfaatkan Sport Center Kepuharjo. Selain juga kualitas rumput lapangan yang memang didesain layaknya standar di luar negeri.

“Kita berharap, pemanfaatan tanah kas desa untuk Sport Center ini bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi warga masyarakat desa Kepuharjo. Selain meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, juga mampu menggerakkan ekonomi desa,” ungkapnya.

Cukup seringnya penggunaan lapangan Sports Center Kepuharjo, membuat pihak pengelola harus melakukan perawatan ekstra. Selain melakukan penyiraman setiap hari, pengelola juga rutin memupuk rumput lapangan setiap satu Minggu sekali. Sementara penggantian rumput dilakukan setiap 3 bulan sekali.

“Untuk pemasaran kita aktif melakukan postingan-postingan ke media sosial. Baik itu Instagram, Twitter hingga Facebook. Karena saat ini cara paling efektif untuk melakukan promosi memang melalui medsos,” ungkapnya.

Selain disewakan untuk kegiatan bisnis, Sport Center Kepuharjo juga rutin digunakan sebagai sarana komunikasi dan silaturahmi antar warga masyarakat dengan pihak-pihak lain. Salah satu contohnya adalah menggelar pertandingan sepakbola persahabatan dengan instansi terkait.

Salah seorang tokoh masyarakat Kepuharjo, Heri Suprapto, saat dijumpai Cendana News, Jumat (11/9/2020) – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Kemarin warga desa Kepuharjo juga menggelar pertandingan persahabatan dengan pihak jajaran Kepolisian DIY dan Sleman di lapangan ini. Ya untuk menjaga dan menjalin silaturahmi. Apalagi ini kan mau menjelang Pilkades dan Pilkada serentak. Sehingga antara masyarakat dan kepolisian diharapkan bisa saling bersinergi,” beber salah seorang tokoh masyarakat Kepuharjo, Heri Suprapto

Lihat juga...