Menang di Belanda, Italia Kuasai Grup A1

JAKARTA – Tim nasional Italia menguasai puncak klasemen UEFA Nations League 2020/21 Divisi A Grup 1 (A1), seusai menang 1-0 atas tuan rumah Belanda di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Senin (7/9/2020) waktu setempat atau Selasa (8/9/2020) WIB.

Keunggulan Italia diperoleh berkat gol semata wayang yang dicetak Nicolo Barella, di pengujung babak pertama. Dan selisih gol tersebut terbukti mampu dipertahankan oleh tim besutan Roberto Mancini hingga bubaran laga. Kemenangan itu berhasil mengantarkan Italia naik ke puncak klasemen dengan koleksi empat poin, menggusur Belanda (3) ke urutan kedua di atas Polandia (3) dan Bosnia-Herzegovina (1).

Barella sebetulnya punya peluang untuk membawa Italia unggul lebih awal pada menit ke-12, sayang bola tembakannya masih bisa dihalau oleh Joel Veltman. Bola melayang tipis di atas mistar gawang. Belanda balik mengancam pada menit ke-32, lewat aksi Georginio Wijnaldum melewati hadangan Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini, sayang tembakan penyelesaiannya masih mengarah tepat ke pelukan kiper Gianluigi Donnarumma.

Dua menit kemudian, Italia kembali hampir unggul ketika Lorenzo Insigne memperdaya Hans Hateboer dari sisi kiri, sebelum melepaskan tendangan akhir yang masih tipis di sisi gawang.

Kebuntuan terpecahkan pada menit pertama injury time babak pertama, ketika Barella melakukan tusukan ke dalam kotak penalti untuk menanduk umpan silang kiriman Ciro Immobile, dan menaklukkan kiper Jasper Cillessen. Italia unggul 1-0 atas tuan rumah ketika istirahat.

Delapan menit memasuki babak kedua, Insigne kembali mengancam gawang lawan lewat tembakan melengkung, menyelesaikan umpan sodoran Barella. Tetapi kali ini Cillessen sigap menepis bola. Di sisi gawang berbeda, giliran Donnarumma unjuk kebolehan menghalau tembakan keras Donny van de Beek, demi menjaga keunggulan Italia.

Belanda berusaha menggempur pertahan Italia di menit-menit akhir dan Marten de Roon mengirimkan umpan silang bagus ke arah Memphis Depay yang berdiri bebas di tiang jauh. Sayang upaya tembakan akrobatik penyerang Olympique Lyon itu memantul ke tanah, sebelum melayang ke atas mistar gawang.

Keasyikan menyerang, Belanda hampir kemasukan gol kedua pada injury time ketika Moise Kean bisa mencuri bola dari Quincy Promes. Tetapi tembakannya hanya menyerempet mistar gawang. Pun demikian, Italia tetap membawa pulang tiga poin penuh, sebab skor 1-0 bertahan hingga peluit tanda laga usai ditiup wasit Felix Byrch. (Ant)

Lihat juga...