Menang Tipis 2-1, Tottenham Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Liga Europa

Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane, mengeksekusi penalti untuk mencetak gol ke gawang Lokomotiv Plovdiv, pada laga kualifikasi putaran kedua Liga Europa di Stadion Lokomotiv, Plovdiv, Bulgaria, Kamis (17/9/2020) waktu setempat – Foto Ant

JAKARTA – Tottenham Hotspur harus bersusah payah untuk bisa melanjutkan langkah mereka ke putaran ketiga kualifikasi Liga Europa. Mereka hanya menang tipis 2-1 atas Lokomotiv Plovdiv, pada laga yang digelar di Stadion Lokomotiv, Plovdiv, Bulgaria, Kamis (17/9/2020) waktu setempat atau Jumat (18/9/2020) dini hari WIB.

Tottenham sempat tertinggal lebih dulu, setelah gagal mengantisipasi situasi sepak pojok, yang berujung gol dari Georgi Minchev pada menit ke-71. Gol itu memaksa Jose Mourinho bermain lebih menyerang, dengan memasukkan Lucas Moura, untuk menggantikan bek Davinson Sanchez. Tottenham mendapat keuntungan besar, ketika Dinis Almeida diganjar kartu merah, karena sengaja menghalau bola tembakan Harry Kane dengan tangannya pada menit ke-78. Sebuah aksi nekat yang berbuah tendangan penalti.

Keputusan wasit Harm Osmers itu diprotes oleh Birsent Karagaren, sehingga bek sayap Plovdiv itu menerima kartu kuning kedua. Hingga akhirnya tuan rumah terpaksa menyelesaikan pertandingan dengan sembilan pemain.

Hadiah tendangan penalti sukses dieksekusi oleh Kane, untuk menyamakan kedudukan. Permainan kemudian berjalan timpang, 11 lawan Sembilan, sukses dimanfaatkan oleh Tanguy Ndombele untuk menyelesaikan umpan Lucas Moura, dan membawa Tottenham berbalik memimpin 2-1. Skor 2-1 bertahan hingga bubaran dan Tottenham selanjutnya akan bertandang ke markas Shkendija, di Makedonia Utara pada Kamis (24/9/2020) untuk menjalani kualifikasi putaran ketiga.

Selain Tottenham, dalam laga lain yang berlangsung bersamaan, Galatasaray dan FC Copenhagen juga melenggang lolos ke putaran ketiga, setelah masing-masing mengalahkan Neftci 3-1 serta IFK Goeteborg 2-1.

Klub-klub lain yang secara bersamaan juga lolos ke putaran ketiga adalah KuPS (Finlandia), Zalgiris (Lithuania), Slovan Liberec (Rep. Ceko) serta Flora (Estonia). Puluhan laga putaran kedua kualifikasi Liga Europa masih berlangsung hingga Jumat (18/9/2020) dini hari WIB di berbagai belahan Eropa. Termasuk pertandingan yang diikuti nama-nama besar seperti AC Milan, Basel dan VfL Wolfsburg. (Ant)

Lihat juga...