Meninggal Akibat COVID-19 di Pekanbaru Bertambah Lima Orang

PEKANBARU — Juru bicara bidang kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi mengatakan, wilayah itu ada penambahan lima orang yang meninggal dunia akibat terpapar virus corona.

“Benar ada lima yang meninggal karena positif COVID-19 Jumat kemarin,” kata Juru bicara bidang kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi di Pekanbaru, Riau, Sabtu.

Pasien yang meninggal dunia masing-masing berinisial S (72), JA (40), ID (57),  EZ (62) dan TSZ (55), semuanya pria.

“Dengan penambahan lima orang tersebut maka total positif COVID-19 yang meninggal dunia sejak awal penyakit itu masuk ke Riau menjadi 16 orang per Jumat (5/8),” katanya.

Dia mengatakan, dalam sepekan terakhir memang penambahan kasus konfirmasi positif COVID-19 meningkat tajam, data mulai tanggal 27 Agustus 2020 terjadi ledakan pasien menembus 40 pasien positif per hari.

Setelah itu setiap hari rata-rata jumlah pasien positif COVID-19 terus bertahan di kisaran angka 40 kasus per hari.

“Ini tren penambahan tertinggi sejak awal kasus COVID-19 masuk ke Pekanbaru,” kata dr Mulyadi.

Karenanya, ia mengimbau agar warga Pekanbaru waspada dan ketat menerapkan protokol kesehatan sebab saat ini kecenderungan pasien positif berstatus tanpa gejala (OTG).

“Tetap gunakan masker saat di luar rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan dan hindari kerumunan,” katanya.

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum antara dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Pekanbaru, Jumat (4/9), kasus konfirmasi positif COVID-19 di wilayah setempat bertambah 46 orang, ada 14 orang sembuh dan pulang.

Dengan penambahan itu maka total kasus konfirmasi positif COVID-19 di Pekanbaru 844 orang, dengan rincian 275 orang sembuh dan pulang, 85 orang masih dirawat di rumah sakit,468 orang isolasi mandiri, 16 orang meninggal dunia. [Ant]

Lihat juga...