Mobil Water Canon Diterjunkan untuk Semprot Disinfektan di Desa Harjosari

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

SOLO — Unik, upaya Desa Harjosari, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, untuk menghalau penyebaran virus covid 19 di lingkungannya. Pasalnya, desa yang satu ini menerjunkan kendaraan yang biasanya untuk menghalau massa demontrasi, namun justru dimanfaatkan untuk penyemprotan cairan disinfektan.

Langkah cepat tanggap dengan menerjunkan mobil Water Canon milik Polres Karanganyar ini tak lain sebagai upaya mencegah penyebaran virus pasca salah satu warganya ada yang meninggal dunia dan dinyatakan positif covid 19.

“Covid 19 ini masih menjadi “momok” tersendiri di kalangan masyarakat, khususnya di pedesaan. Maka dari itu, kita langsung bergerak cepat menyemprotkan disinfektan ke lingkungan desa, agar tidak menyebar kemana-mana,” ujar Kepala Desa Harjosari, Sutarso disela kegiatan, Rabu (30/09/2020).

Lebih lanjut Sutarso menjelaskan, adanya penyebaran virus covid 19, apalagi hingga mengakibatkan korban jiwa membuat masyarakat resah. Sebab, kondisi demograsi di pedesaan membuat masyarakat sedikit banyak bergejolak. Pihak desa semaksimal mungkin membuat terobosan untuk mereda isu yang berkembang di masyarakat.

“Dengan kejadian ini (korban jiwa akibat covid), kami terus terjun ke masyarakat. Kita tenangkan dan beri informasi yang pasti, jika seluruh prosedur telah dijalankan. Termasuk mendata untuk mendeteksi penyebaran. Pada intinya Harjosari masih aman,” urai dia.

Disebutkan, tak kurang 30 liter cairan disinfektan disemprotkan menggunakan water canon keliling lingkungan Harjosari. Pihaknya juga dibantu aparat Polisi, TNI, Relawan Karangpandan (Rendan) serta anggota Linmas setempat. Bahkan, Kapolsek Karangpandan juga turun langsung membantu penyemprotan untuk menghalau penyebaran virus covid 19 tersebut.

“Upaya kita untuk memerangi covid 19 ini terus bersinergi. Baik dengan kepolisian, TNI maupun Linmas. Semua kekuatan yang ada kita kerahkan,” imbuh Sutarso.

Kepala Desa Harjosari Sutarso didampingi Kapolsek Karangpandan Iptu Widiatmoko saat apel sebelum penyemprotan disinfektan dimulai. Foto: Harun Alrosid

Selain penyemprotan disinfektan dengan water canon, pihak desa juga membagikan masker kepada seluruh warga secara gratis. Upaya pembagian masker ini juga untuk menekan angka penyebaran maupun korban virus covid 19. “Kita bagikan masker ke warga serta menekankan untuk jaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolsek Karangpandan Iptu Widiatmoko mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan Kepala Desa Harjosari untuk menghalau penyebaran covid 19. Pihaknya mengimbau seluruh warga masyarakat untuk tetap tenang dan mematuhi seluruh protokol kesehatan.

“Kami dukung penuh upaya-upaya untuk memerangi penyebaran covid 19 ini. Seluruh jajaran Muspika Karangpandan juga turut bahu membahu masyarakat agar bisa terbebas dari virus corona tersebut,” ungkapnya.

Lihat juga...