Modal Kita Terus Wujudkan UMKM Produktif di Tengah Pandemi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PADANG — Koperasi Serba Usaha (KSU) Dewantara Ranah Minang (Derami) Padang, Sumatera Barat, ternyata masih terus bergerak untuk membantu usaha-usaha masyarakat pra sejahtera di tengah pandemi Covid-19.

Daerah yang menjadi sasaran penyebaran pinjaman modal usaha dari Yayasan Damandiri itu berada di daerah perbatasan Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan, tepatnya di Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Sekretaris KSU Derami Padang, Latifah mengatakan, ada dua Pos Pelayanan Modal Kita yang didirikan di Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang itu.

Dua Posdaya baru itu yakni Pos Pelayanan Modal Kita Jaruai Permai dan Pos Pelayanan Modal Kita Kalawi Indah yang berada di Kelurahan Bungus Barat dan Selatan. Di sana ekonomi masyarakat pedagang dan juga pertanian.

“KSU Derami Padang sejauh ini masih tangguh dengan adanya pendirian dua Posdaya itu,” katanya, Senin (28/9/2020).

Menurutnya bila melihat kepada lembaga yang bergerak untuk memberikan pinjaman modal usaha lainnya itu hampir dikatakan sulit untuk maju, karena terjadi tunggakan yang begitu tinggi. Sementara untuk KSU Derami Padang, hanya sebagian kecil yang terjadi dan telah ada solusi untuk hal tersebut.

Bahkan dengan didirikannya dua Pos Pelayanan Modal Kita jelang penutupan September 2020 ini bukti nyata bahwa KSU Derami Padang masih stabil kendati tengah berada di kondisi pandemi Covid-19.

“Target kita adalah membantu usaha keluarga yang pra sejahtera atau usaha yang dijalani masih bersifat mini mikro. Apalagi kini ada Covid-19, UMKM paling merasakan dampaknya,” sebutnya.

Di KSU Derami Padang, kata Latifah, telah memiliki jurus jitu untuk mendorong UMKM agar tetap produktif di tengah pandemi Covid-19 ini. Caranya itu hampir setiap pekannya melakukan diskusi terkait kondisi usaha masyarakat yang meminjam dana ke KSU Derami.

Solusi yang diberikan untuk usaha yang menjalani sebuah kendala, seperti mendorong memasarkan produk secara online serta melakukan kerjasama pemasaran antar sesama anggota Posdaya.

“Jadi kita tidak hanya sekedar melepaskan mereka berusaha setelah mendapatkan pinjaman modal usaha, tapi turut kita bantu juga seperti solusi yang diberikan. Alhasilnya sejauh ini UMKM tumbuh dengan baik,” ujarnya.

Untuk itu, KSU Derami Padang berharap dengan adanya kehadiran pinjaman lunak dari Yayasan Damandiri itu dapat memberikan motivasi serta menghapus pesimis dalam menjalani usaha di tengah pandemi ini.

Tidak hanya itu, Manager Umum Modal Kita KSU Derami Padang, Margono Okta, mengatakan, dua kelompok baru itu merupakan kawasan yang berada di sepanjang garis pantai Samudera.

Dikatakannya selain nelayan juga bergerak di bidang usaha pelaku usaha mikro karena terdapat sejumlah tempat objek wisata.

“Di sana juga ada objek wisata. Jadi banyak usaha rakyat yang tumbuh di sana. Kita menyasar usaha seperti itu, dan berpotensi untuk dikembangkan,” ujar Meno.

Menurutnya kawasan Bungus Teluk Kabung itu jika melihat ke arah Timur, maka akan banyak hamparan sawah. Potensi-potensi seperti itu jika dinilai sangat potensial untuk dikembangkan bersama pinjaman modal usaha dari Modal Kita di KSU Derami Padang.

Ia mengakui selama ini di daerah Bungus Teluk Kabung ini belum pernah dijangkau oleh KSU Derami Padang, karena jarak kantor dengan kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Pesisir Selatan itu sangatlah jauh.

“Sekarang kita telah mendapatkan solusi untuk hal itu,” tegasnya.

Lihat juga...