Mulai 13 September, Rumah Ibadah di Tomohon Dibuka Serentak

Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Harold V Lolowang  - Foto Ant

MANADO – Tempat ibadah di Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), akan dibuka secara serentak mulai 13 September 2020. Namun, aktivitas kegiatannya tetap dengan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

“Pembukaan rumah ibadah ini menjadi satu kerinduan warga Kota Tomohon setelah sekian lama beribadah di rumah,” kata Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Sulut, Harold V Lolowang, Senin (7/9/2020).

Pembukaan kembali rumah ibadah tersebut, didasarkan data epidemiologis penyebaran COVID-19 di kota berpenduduk lebih dari 100 ribu jiwa itu. “Indikatornya seperti kondisi jumlah warga yang sembuh, angka kematian, hingga jumlah warga yang sementara dirawat,” jelasnya.

Rencana pembukaan kembali rumah ibadah telah dikoordinasikan dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tomohon. “Tentu dengan penerapan protokol kesehatan ketat sesuai dengan surat edaran Menteri Agama,” tambahnya.

Penerapan protokol kesehatan, adalah bentuk perhatian pemerintah agar tidak memunculkan klaster baru penularan virus. “Jadi memang ada sejumlah cheklist, yang harus diisi dan dilakukan oleh penanggung jawab rumah ibadah. Harus benar-benar memastikan telah memenuhi semua standar atau protokol kesehatan sebelum beribadah,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...