Nans Peters Menangi Etape Delapan Tour de France

Pebalap tim AG2r La Mondiale, Nans Peters, merayakan kemenangannya di etape delapan Tour de France, yang finis di Loudenvielle, Prancis, Sabtu (6/9/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Pebalap Nans Peters, memenangi etape delapan Tour de France (TdF), ketika pebalap Prancis lainnya, Thibaut Pinot, kehilangan harapan untuk menjadi pemenang pertama asal Prancis sejak 1985. Itu merupakan kemenangan etape kedua kalinya bagi Peters, di tur utama, setelah sebelumnya ia memenangi etape di Girod’Italia pada balapan tahun lalu.

Peters dan Ilnur Zakarin menjauhi kejaran para pebalap lainnya di tanjakan Port de Bales. Tanjakan itu juga yang merusak harapan Pinot. Pinot terjatuh pada pendakian kedua di Sabtu (5/9/2020), pada etape yang menempuh jarak 140 kilometer dari Cazeres sur Garonne menuju Loudenvielle.

Pebalap 30 tahun itu menderita sakit pada punggungnya setelah terjatuh pada etape pembukaan. Dan pada Sabtu (5/9/2020) ia finis hampir 20 menit lebih lambat dari para rivalnya. “Saya melihat ia bersusah payah mengayuh di turunan dan saya menekannya,” kata Peters, mengomentari kondisi Pinot.

Peters mencatatkan waktu 4 jam 2 menit 12 detik untuk menyelesaikan etape itu. Menyusul di posisi kedua adalah Toms Skujins dengan 4jam 2 menit 59 detik, dan Carlos Verona di urutan ketiga dengan 4 jam 2 menit 59 detik. Pebalap Belanda Tom Domoulin tidak mampu mempertahankan kecepatan pada tanjakan terakhir menuju Col de Peyresourde. Pada pendakian sejauh 9,7 kilometer itu, pebalap Slovenia Tadej Pogacar berulang kali berusaha menyerang.

Primoz Roglic tampil bagus, demikian pula Nairo Quintana, namun juara bertahan Egan Bernal terlihat kesulitan dan beberapa kali harus berjuang keras untuk dapat kembali ke barisan depan. Roglic kemudian meningalkan Pogacar, yang tertinggal 1:23 pada pagi hari, namun Roglic tidak pernah panik dan tetap menjadi pesaing utama di klasemen umum.

Sementara Pogacar, yang sempat tertinggal dari rombongan utama pada pendakian terakhir dan mendapatkan 40 detik untuk naik ke posisi kesembilan, akan memulai balapan etape sembilan dengan bekal bagus. Hal itu adalah akselerasi brutalnya di Col de Peyresourde, yang memicu balapan dan meninggalkan Bernal, Adam Yates, dan Romain Bardet. Namun penampilan pantang menyerah Roglic membantu ketiga pebalap itu tetap berada di grup pesaing utama.

Klasemen sementara menempatkan Adam Yates yang belum tergoyahkan dari pucuk klasemen umum Tour de France 2020 setelah etape delapan berakhir. Posisi kedua dan ketiga juga tidak berubah. Primoz Roglic tetap berada di peringkat kedua, tetap dengan selisih tiga detik, dan Guillaume Martin di posisi ketiga dengan selisih enam detik dari Yates.

Kaus hijau sebagai raja sprint juga belum terlepas dari penguasaan Peter Sagan, meski ia tidak memenangi adu sprint menuju check point sama sekali pada etape delapan. Sagan tetap menggenggam kaus hijau dengan koleksi 138 poin. Kaus polkadot sebagai penanda penguasa tanjakan juga masih dikuasai Benoit Conefroy, kali ini dengan koleksi 35 poin. Sedangkan meski di klasemen umum posisinya turun satu strip, Egan Bernal tetap layak mengenakan kaus putih. (Ant)

Klasemen umum (kaus kuning):
1. Adam Yates Mitchelton-Scott 34:44:52
2. Primoz Roglic Team JUMBO-VISMA 34:33:55
3. Guillaume Martin COFIDIS 34:45:01
4. Romain Bardet AG2R La Mondiale 34:45:03
5. Egan Bernal INEOS GRENADIERS 34:45:05
6. Nairo Quintana Team ARKEA-SAMSIC 34:45:05
7. Miguel Angel Lopez ASTANA Pro Team 34:45:05
8. Rigoberto Uran EF Pro Cycling 34:45:05
9. Tadej Pogacar UEA Team Emirates 34:45:40
10. Enric Mas Movistar Team 34:45:52

Lihat juga...