Napoli Menggila, Pesta Enam Gol ke Gawang Genoa

Dua pemain Napoli, Dries Mertens (kiri), dan Victor Osimhen, merayakan gol yang tercipta ke gawang Parma dalam pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Ennio Tardini, Parma, Minggu (20/9/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Napoli tampil menggila, dengan berpesta enam gol tanpa balas ke gawang Genoa, dalam pertandingan putaran kedua Liga Italia yang dimainkan di Stadion San Paolo, Minggu (27/9/2020) waktu setempat atau Senin (28/9/2020) dini hari WIB.

Raihan positif itu sekaligus membawa Napoli memuncaki klasemen Liga Italia, membuat posisi teratas itu berganti pemilik sebanyak tiga kali dalam akhir pekan ini. Sebelumnya, diduduki oleh Sassuolo dan Verona. Partenopei, hanya unggul satu gol pada babak pertama melalui gol Hirving Lozano (10′). Hujan gol ke gawang Genoa lantas terjadi setelah turun minum. Piotr Zielinski (46′) mengemas gol kedua Napoli, disusul oleh gol-gol dari Dries Mertens (57′), Lozano (65′), Eljif Elmas (69′), dan Matteo Politano (72′).

Pertandingan baru berusia sepuluh menit saat gawang Genoa kemasukan gol pertama. Lozano bergerak cepat menuju tiang jauh, untuk menyambar umpan silang Dries Mertens. Ia kemudian berhasil menaklukkan kiper Federico Marchetti pada sepakan keduanya, setelah sepakan pertama tertuju lurus kepada sang kiper.

Sejumlah peluang dimiliki kedua tim pada sisa babak pertama. Penyerang Napoli, Victor Osimhen, menanduk bola ke atas mistar gawang dan sepakan melebar Lozano. Sedangkan peluang Genoa didapat dari sepakan Davide Zapacosta dan Marco Pjaca yang tidak tepat sasaran.

Napoli mengamuk pada babak kedua, mereka dengan cepat menggandakan keunggulan melalui kerja sama indah. Zielinski memulai pergerakan di sisi tengah, bola kemudian dikirimkan kepada Elmas di sisi kiri. Bola selanjutnya digulirkan kepada Osimhen yang meneruskannya dengan sepakan tumit untuk diselesaikan Zielinski. Lukas Lerager kehilangan bola dengan mudah, dan Zielinski kembali terlibat untuk terciptanya gol ketiga. Ia memberi umpan kepada Mertens untuk dikonversi menjadi gol dari tepi kotak penalti.

Genoa harus membayar mahal kesalahan mereka, operan Goran Pandez justru tertuju kepada Mertens, yang segera mengirimkannya kepada Lozano, untuk kemudian dikemas menjadi gol keduanya sekaligus gol keempat Napoli.

Elmas membukukan gol kelima, saat ia melakukan pergerakan memotong melewati Edoardo Goldaniga, dan mengarahkan bola ke sudut jauh gawang tim tamu. Pemain pengganti, Politano turut mencatatkan namanya ke papan skor, saat ia menusuk ke kotak penalti dari sisi kanan dan melepaskan sepakan melengkung ke sudut jauh.

Sementara itu, AC Milan meneruskan start bagusnya dengan kemenangan 2-0 di markas Crotone. Tambahan tiga poin membuat Milan kini menempel Napoli di peringkat kedua. Meski menggempur sejak awal, Rossonerri baru mampu memecah kebuntuan pada menit ke-45. Pelanggaran yang dilakukan Luca Marrone terhadap Ante Rebic di kotak terlarang, membuat wasit menunjuk titik putih. Franck Kessie yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya.

Milan menggandakan keunggulan pada menit ke-50. Diawali permainan keberhasilan Hakan Calhanoglu mencuri bola dari penguasaan pemain Crotone, bola kemudian dioperkan kepada Alexis Saelemaekers. Ia berusaha memainkan operan satu-dua dengan Calhanoglu, namun Brahim Diaz bergerak cepat menyambar bola untuk membuat Milan memimpin 2-0. (Ant)

Lihat juga...