Nikmati Lezatnya Perkedel Tuna

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LARANTUKA — Kabupate Flores Timur termasuk salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terkenal sebagai salah satu daerah penghasil ikan tuna dan cakalang untuk dieskpor ke luar negeri.

Warga Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT, Rin Riberu yang ditemui, Sabtu (5/9/2020). Foto : Ebed de Rosary

Harga ikan cakalang dan tuna di Flores Timur tergolong murah, terlebih saat merebaknya pandemi Corona. Harganya bisa mencapai Rp30 ribu untuk ukuran 5 kilogram dan biasa diolah masyarakat menjadi perkedel.

“Cara membuat perkedel ikan sangat mudah, apalagi saat harga tuna murah, sebaiknya diolah menjadi berbagai macam jenis masakan,” sebut Maria Yuliana Supardi, warga Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT, Sabtu (5/9/2020).

Maria katakan, untuk membuat perkedel pertama-tama siapkan ikan tuna lalu iris bagian dagingnya dan pisahkan tulang-tulangnya. Siapkan air lalu kukus daging ikan tuna hingga lembek.

Selanjutnya kata dia, siapkan juga 3 buah kentang,sebatang daun bawang, 2 siung bawang merah, dan bawang putih, sebutir telur ayam, sesendok garam dan setengah sendok merica.

“Bawang merah, bawang putih dan daun bawang dihaluskan. Kupas kentang lalu iris tipis dan digoreng hingga matang. Angkat kentang tersebut dan tiriskan minyaknya hingga benar-benar kering,” sarannya.

Selanjutnya, tambah Maria, goreng bawang yang telah dihaluskan hingga matang, lalu angkat dan tiriskan minyaknya. Haluskan kentang dan daging ikan yang telah matang.

Masukan bawang goreng, daun bawang dan merica ke dalam adonan kentang dan ikan yang telah dihaluskan sambil diaduk hingga benar-benar merata.

Adonan yang telah merata diambil sedikit demi sedikit lalu dibentuk hingga menjadi bulat atau pipih. Pecahkan telur ayam dan tampung di sebuah wadah terpisah.

“Adonan yang telah dibentuk digoreng namun sebelum digoreng harus dicelupkan terlebih dahulu ke dalam telur ayam agar bisa lengket adonannya. Goreng hingga matang lalu angkat dan tiriskan minyaknya,” terangnya.

Warga Kota Larantuka lainnya, Rin Riberu mengatakan, perkedel ikan selain dibuat untuk dikonsumsi sendiri, biasanya saat pesta juga menjadi salah satu menu makanan yang dihidangkan kepada para tamu.

Rin menyebutkan, pembuatan perkedel ikan tergolong mudah hanya saja masyarakat biasa juga menggiling daging ikan tuna yang telah diiris dan tidak merebusnya dahulu.

“Daging ikan dan wortel biasanya digiling mentah. Bawang merah dan bawang putih juga dihaluskan lalu dijadikan adonanan dengan menambahkan bubuk merica. Sebelum digoreng dicelupkan dahulu didalam larutan telur ayam agar adonan lengket,” ungkapnya.

Lihat juga...