Papua Catat 73 Kasus Baru Positif Covid-19

JAYAPURA – Juru bicara satuan tugas Covid-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule, menyebutkan, pada Rabu (2/9) terdapat 73 kasus baru positif Covid-19 di provinsi tersebut, tersebar di beberapa kabupaten.

“Pada Rabu, 2 September, berdasarkan data-data yang kami kumpulkan hingga pukul 20.00 WIT, terdapat tambahan 73 kasus baru di Provinsi Papua, dengan demikian jumlah kumulatif kasus kita sebanyak 3. 834 kasus,” kata dr. Silwanus Sumule di Jayapura, Kamis (3/9/2020).

Dari angka tersebut, lanjut dia, 16 persen atau 610 orang saat ini dalam perawatan, 83 persen atau 3.178 orang telah dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan, dan 46 orang di provinsi paling timur ini dinyatakan meninggal dunia akibat terpapar Corona, yang jika dipresentasikan sebesar satu persen.

“Kasus kontak erat kita, Rabu ini dilaporkan sebanyak 1.913 kasus, dan kasus probabel kita sebanyak 26 kasus,” ujarnya.

Kemarin, kata dia, terdapat satu kabupaten baru terdampak Covid-19, yaitu Kabupaten Mappi. Dia merincikan kasus baru pada Rabu, yakni di Kabupaten Mappi, satu kasus. Kabupaten Merauke satu kasus, dan Kabupaten Mimika, 23 kasus. Kabupaten Nabire satu kasus, Kabupaten Biak Numfor tiga kasus, Kabupaten Jayapura dua kasus, dan Kota Jayapura, 42 kasus, total 73 kasus. Khusus untuk Kota Jayapura, 42 kasus ini adalah akumulasi selama dua hari.

Terdapat 58 kasus kontak baru yang berasal dari Kabupaten Boven Digoel 10 orang, dan Kabupaten Mimika 46 orang. Kasus suspek bertambah 57 orang yang berasal dari Mimika sebanyak 12 orang, Kabupaten Puncak, 28 orang, Biak Numfor satu orang.Selanjutnya, Kabupaten Paniai dua orang, Kabupaten Jayapura dua orang, Jayawijaya enam orang dan Kabupaten Boven Digoel enam orang.

Selain itu, terdapat satu kasus tambahan probabel yang berasal dari Kabupaten Biak Numfor. “Kasus probabel adalah ketika kita menemukan satu kasus kematian yang menunjukkan gambaran khas secara klinis menyerupai kasus-kasus Covid-19, namun belum sempat dilakukan pemeriksaan PCR. Dengan demikian, kasus probabel di Provinsi Papua sebanyak 26 orang.”

“Selanjutnya, terdapat 18 kasus yang dinyatakan sembuh dengan rincian Kabupaten Mimika lima orang, Kabupaten Jayapura satu orang, Kabupaten Nabire empat orang, Kabupaten Biak Numfor dua orang, dan Kota Jayapura enam orang,” katanya.

“Kami menyampaikan bela sungkawa, satu kasus kematian karena Covid-19 di Kota Jayapura, atas nama Ny.S berusia 69 tahun, dirawat selama tujuh hari di salah satu rumah sakit mitra kami di Provinsi Papua di Kota Jayapura,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...