Pasien Positif Covid-19 Kabur dari RSUD Nagan Raya Aceh

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Iskandar Muda, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh – Foto Ant

SUKA MAKMUE – Seorang pasien positif COVID-19 di RSUD Nagan Raya Aceh, berinsial SB (43), sejak Senin (28/9/2020) dini hari melarikan diri dari perawatan medis di RSUD Sultan Iskandar Muda. Warga Desa Padang Panyang, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Aceh tersebut sebelumnya sudah melakukan hal yang sama.

“Saat ini kami bersama TNI dan Polri masih mencari keberadaan pasien SB itu, agar bisa dirawat kembali di rumah sakit,” kata Pejabat Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Ika Suhannas, Senin (28/9/2020) di Suka Makmue.

Pasien SB sebetulnya sempat kembali lagi ke RSUD Nagan Raya, Aceh pada Senin (28/9/2020) siang, setelah sebelumnya sempat kabur dari rumah sakit pada Senin (28/9/2020) dini hari.

SB diduga kembali, karena Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (COVID-19) Kabupaten Nagan Raya mencari keberadaan pasien ke sejumlah lokasi, termasuk ke rumah pasien di Desa Padang Panyang, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya. “Mengetahui ia dicari-cari, SB diduga bergegas kembali ke rumah sakit, agar tidak tertangkap petugas kesehatan,” kata Ika Suhannas.

Namun, ketika akan diperiksa ulang kesehatannya oleh dokter, SB yang baru beberapa saat kembali ke rumah sakit kembali menghilang. Sehingga membuat GTPP dan paramedis di rumah sakit setempat panik dan kalang kabut. “Saat ini kami sedang berupaya mencari pasien SB untuk diamankan kembali, karena pasien ini memang sakit dan positif COVID-19,” tandasnya.

Perbuatan SB itu dinilai sangat berbahaya, karena penyakit yang diderita SB dapat menjangkiti warga lain yang belum terpapar. Sementara itu, Bupati Aceh Barat, Haji Ramli MS, dinyatakan sembuh dari virus corona (COVID-19). Haji Ramli telah menjalani isolasi mandiri di pendapa. “Alhamdulillah, Bapak Bupati Aceh Barat sudah dinyatakan sehat oleh tim medis dari Dinas Kesehatan Aceh Barat,” kata Juru Bicara Pemkab Aceh Barat, Amril Nuthihar, Senin (28/9/2020).


Kesembuhan Bupati Aceh Barat juga sesuai dengan Surat Keterangan Pemeriksaan, yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan setempat pada tanggal 28 September 2020. Selama masa observasi, petugas kesehatan juga menemukan gejala dan tanda Infeksi COVID-19 di tubuh Bupati Aceh Barat itu. Meski sudah dinyatakan sehat, namun Bapak Bupati Aceh Barat masih tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, agar tidak lagi terserang COVID-19,” kata Amril Nuthihar.

Hasil tes usap (swab) untuk sejumlah pejabat dari unsur Forkompimda Aceh Barat juga sudah terbit. Semua pejabat daerah di instansi vertikal di daerah ini juga dinyatakan negatif COVID-19. “Alhamdulillah hasilnya negatif semua,” pungkas Amril. (Ant)

Lihat juga...