Pecak Gurami Asam Manis, Hidangan Sehat dan Lezat

Editor: Makmun Hidayat

PURWOKERTO — Olahan makanan dari ikan banyak digemari, karena rendah lemak dan kaya akan protein. Salah satu resep ikan gurami yang sehat dan lezat adalah pecak gurami asam manis.

Masakan ini menggunakan asam jawa yang dipadu dengan berbagai macam bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan kemiri. Untuk lebih meningkatkan rasa, kemiri terlebih dahulu disangrai sebelum dihaluskan bersama bumbu lainnya.

Salah satu penggemar masakan ikan gurame, Vivin Fibriani mengatakan, ia menyukai ikan gurami karena tidak banyak duri dan tekstur dagingnya yang tebal serta enak.

“Ikan gurame dimasak apa saja pasti enak, bahkan hanya dikasih garam dan bawang putih saja kemudian digoreng sudah lezat. Namun, favorit saya adalah pecak gumari asam manis, di mana memasaknya menggunakan asam jawa,” tuturnya, Sabtu (26/9/2020).

Penggemar ikan gurami, Vivin Fibriani di Purwokerto, Sabtu (26/9/2020). -Foto: Hermiana E. Effendi

Pecak gurami asam manis ini, selain pedas juga gurih dan terdapat rasa asam yang menggelitik lidah. Cara memasaknya juga cukup mudah. Pertama gurame dibersihkan dan dipotong menjadi 2-3 bagian. Kemudian diberi garam dan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau anyir. Setelah itu ikan gurami digoreng, namun sebentar saja, tidak sampai kering.

“Bumbu yang dihaluskan yaitu bawang merah, bawang putih, cabai dan kemiri yang sudah disangrai, setelah halus bumbu ditumis sebentar saja. Lalu bakar ikan gurami setengah matang tadi dan tuangkan bumbu yang sudah ditumis serta tambahkan larutan air asam jawa,” terangnya.

Karena hanya menggunakan cabai keriting, pecak gurami ini tidak terlalu pedas. Jika ingin menambahkan rasa pedas, bisa membuat sambal terasi sebagai pelengkap.

“Anak saya baru usia 4 tahun dan suka ikan gurami juga, sehingga kalau masak tidak bisa terlalu pedas, jadi pasti dilengkapi dengan membuat sambal terasi atau sambal bawang,” kata Vivin.

Penggemar masakan gurami lainnya, Widi mengatakan, ikan gurame mengandung protein yang tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan daging. Widi sendiri sudah lama tidak mengkonsumsi daging, sehingga ikan gurami menjadi makanan favoritnya.

“Ikan gurami itu jika makan banyak pun tidak masalah, karena kaya akan protein dan rendah lemak. Ikan ini juga mengandung asam amino, vitamin E dan vitamin A, jadi manfaatnya untuk tubuh kita banyak sekali dan yang terpenting tidak perlu takut lemak saat makan,” katanya.

Lihat juga...