Pecak Lele Banyumas, Super Pedas

Editor: Koko Triarko

PURWOKERTO – Lele merupakan jenis ikan yang digemari hampir semua kalangan. Tekstur dagingnya yang lembut dan gurih sangat nikmat dihidangkan dalam berbagai jenis olahan. Namun, bagi penggemar pedas, pecak lele dipadu sambal super pedas menjadi favorit hidangan di akhir pekan.

Pecak lele merupakan menu ikan lele yang digoreng kering, kemudian diberi bumbu pecak yang sedikit berkuah.

Salah satu penjual pecak lele, Mulyati, mengatakan bumbu pecak terdiri dari cabai merah, cabai rawit, bawang merang, bawang putih, kemiri dan kecur yang dihaluskan kemudian ditumis.

“Setelah ditumis dan harum, lele yang sudah digoreng dimasukkan sebentar, kemudian diberi daun kemangi dan daun salam serta serai untuk memberikan aroma harum,” tuturnya, Sabtu (12/9/2020).

Pemilik warung pecak lele, di Banyumas, Mulyati , Sabtu (12/9/2020). -Foto: Hermiana E. Effendi

Menurut Mulyati, daun kemangi bisa dimasak bersama lele atau bisa hanya diberikan di atasnya saat pecak lele sudah matang. Sebab, tidak semua orang suka akan aroma daun kemangi.

Sebenarnya, masakan pecak lele sudah cukup pedas, karena dalam bumbu yang dihaluskan sudah terdapat cabai rawit. Namun bagi penggemar rasa pedas, Mulyati tetap menyediakan sambal tersendiri. Sambalnya bisa sambal terasi atau sambal bawang.

Salah satu pelanggan pecak lele di warungnya, Anjarwati, mengatakan, lele merupakan jenis ikan yang kaya akan protein dan sumber asam lemak omega 3 yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.

“Lele itu ikan yang paling aman, karena kalau ikan laut biasanya tercemar merkuri. Kalau lele aman dari merkuri dan rendah lemak, durinya juga tidak banyak, sehingga untuk dikonsumsi anak-anak juga aman,” katanya.

Untuk hidangan pecak lele, Anjarwati mengaku sangat cocok dengan masakan di warung Mulyati. Lelenya tidak terlalu kering, sehingga bumbu pecaknya meresap dan pedas.

“Ada cabai rawit utuh yang disertakan dalam pecak lele dan masih disediakan sambal pula. Dan, daun kemanginya ikut dimasak sebentar, sehingga aromanya keluar, tetapi daun kemanginya masih berwarna hijau segar,” jelasnya.

Harga pecak lele juga terjangkau. Satu porsi pecak lele dibandrol Rp15.000. Dalam satu hari, Mulyati bisa menjual sampai 50 porsi lebih pecak lele. Padahal, warung makannya yang berlokasi di Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas, ini hanya buka sejak siang hari hingga sore pukul 17.00 WIB.

Lihat juga...