Pecel Terung Ungu Menggugah Selera

Editor: Koko Triarko

SEMARANG – Terung ungu menjadi salah satu jenis sayuran yang mudah diperoleh. Selain itu juga bisa diolah menjadi beragam menu, salah satunya pecel terung. Meskipun namanya pecel terung, sayuran dengan nama latin solanum melongena ini tidak diolah dengan bumbu pecel umumnya yang menggunakan sambal kacang tanah.

“Saya sering mengolah terung menjadi beragam masakan. Bisa dimakan langsung sebagai lalapan terong mentah maupun matang, sayur berkuah hingga sambal balado terung, atau juga pecel terung,” papar Indarti, seorang ibu rumah tangga, warga Tembalang, Semarang, Sabtu (5/9/2020).

Dirinya mengaku memilih olahan terung, selain murah dan mudah didapat, kandungan gizinya juga cukup lengkap.

“Saya sering baca-baca, ternyata kandungan gizi pada sayur terung juga tinggi,” jelasnya.

Kaprodi S1 Ilmu Gizi Unimus, Yuliana Noor Setiawati Ulvie, S.Gz, M.Sc., saat ditemui di Semarang, Sabtu (5/9/2020). –Foto: Arixc Ardana

Sementara, untuk mengolah terung menjadi masakan pecel terung, pun cukup mudah. Bumbu yang dibutuhkan di antaranya cabai merah, kencur, kemiri, bawang merah, bawang putih, dan daun jeruk. Selain itu juga dibutuhkan santan kelapa.

“Membuatnya mudah, setelah dicuci bersih, terung ungu dipotong memanjang kemudian digoreng hingga matang. Sementara untuk bumbu, semuanya dihaluskan, kecuali daun jeruk. Setelah itu, disiapkan wajan, masukkan bumbu halus dan daun jeruk. Ditumis hingga harum,” paparnya.

Setelah itu, masukkan santan kelapa. Aduk merata, masak sampai santan mendidih. “Baru kemudian, masukkan terung yang sudah digoreng ke dalam wajan. Aduk hingga merata, jika sudah mengental, tandanya masakan pecel terung sudah siap dimakan,” jelasnya.

Sebagai teman makan, pecel terung paling enak disantap saat masih hangat, bersama nasi dan peyek teri.

“Jika suka masakan pedas, bisa ditambah sambal tomat sebagai pelengkap. Dijamin, pasti bikin nafsu makan meningkat,” paparnya, sembari tersenyum.

Terpisah, kandungan gizi pada sayur terung juga ditegaskan Kaprodi S1 Ilmu Gizi Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Yuliana Noor Setiawati Ulvie, S.Gz, M.Sc.

Dipaparkan, terung ungu menjadi salah satu sayur lokal yang mudah dikembangkan, dengan kandungan gizi yang lengkap.

“Terung ungu tidak hanya nikmat diolah untuk berbagai jenis masakan, kandungan gizi pada terung juga lengkap,” jelasnya.

Zat pigmen warna pada terung ungu, membuatnya memiliki kandungan antioksidan yang bagus dikonsumsi untuk mencegah kanker. Tidak hanya itu, sayur terung juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan hingga mengontrol kolesterol dan kadar gula darah.

“Juga kaya akan vitamin dan mineral. Namun agar kandungan gizi yang ada pada terong bisa maksimal, usahakan konsumsi terung dalam jumlah yang cukup, serta hindari mengolahnya dengan banyak santan,” pungkasnya.

Lihat juga...