Pemerintah Malaysia Peringati Hari Pencegahan Bunuh Diri di Putrajaya

KUALA LUMPUR  – Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) mencatat 465 kasus percobaan bunuh diri yang terjadi di negara tersebut mulai Januari hingga Juni 2020.

“Mereka telah menjalani perawatan di rumah sakit milik KKM,” ujar Menteri Kesehatan Malaysia, Adham Baba, dalam memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri di Putrajaya, Kamis.

Adham mengatakan jumlah tersebut berkurang 210 kasus dibanding pada tempo yang sama pada tahun sebelumnya sebanyak 675 kasus.

Hari Pencegahan Bunuh Diri di KKM mengambil tema “Let’s Talk Mindset Sehat: Kesehatan Mental Milik Semua, Bersama Cegah Bunuh Diri”.

“Tema ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat berkenaan kepentingan penjagaan mental di samping mengajak masyarakat bergandeng bahu mencegah tindakan bunuh diri,” katanya.

Adham menegaskan tema tersebut bertepatan dengan situasi pandemi COVID-19 yang mempunyai dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental.

“Situasi saat pandemi COVID-19 mendatangkan dampak yang besar kepada segenap lapisan masyarakat terutama mereka yang mempunyai masalah kesehatan mental,” katanya.

Dia mengatakan bunuh diri bisa dicegah dan sebagai anggota masyarakat tiap orang bisa mengambil tindakan memperhatikan serius tentang masalah mereka, memberikan waktu untuk mendengar keluhan mereka dan memberikan dukungan sosial kepada mereka.

“Sekiranya keadaan tidak bertambah baik, bantu mereka mendapatkan perawatan pakar atau hubungkan mereka dengan pelayanan yang ada,” katanya. (Ant)

Lihat juga...