Penalti Sterling Bawa Inggris Menang 1-0 dari Islandia

JAKARTA – Tendangan penalti yang sukses dilesakkan Raheem Sterling, memenangkan tim nasional Inggris 1-0, atas tuan rumah Islandia,  dalam laga UEFA Nations League 2020/21 Divisi A Grup 2 di Stadion Laugardlasvollur, Reykjavik, Sabtu (5/9/2020) waktu setempat atau Minggu (6/9/2020) WIB.

Penalti itu dieksekusi Sterling pada menit pertama injury time, setelah bek Sverrir Ingason, didakwa wasit Srdjan Jovanovic menghalau bola dengan tangannya di dalam area terlarang. Tuan rumah sebetulnya mempunyai kesempatan emas, karena dalam gelombang serangan setelah gol tersebut, mereka memperoleh hadiah tedangan penalti. Hadiah setelah Joe Gomez dianggap melanggar Holmbert Firdjonsson. Akan tetapi, kesempatan itu dibuang sia-sia oleh Birkir Bjarnason, yang menjadi algojo, karena melepaskan tendangan penalti yang melambung di atas gawang.

Walhasil, Inggris membawa pulang tiga poin dari laga yang diselesaikan kedua tim dengan 10 pemain. Wasit memberi kartu kuning kedua untuk Ingason, dan sebelumnya yang mendapatkan hadiah sama adalah bek tim tamu, Kyle Walker.

Inggris yang tampil mendominasi tak kurang dari 77 persen penguasaan bola, terlihat berusaha keras mengkonversinya menjadi kemenangan dengan 12 percobaan tembakan. Tercatat tiga di antaranya menemui sasaran. Namun, Pasukan Three Lions harus membutuhkan hadiah tendangan penalti untuk meraih kemenangan di pertandingan yang diwarnai debut untuk Mason Greenwood tersebut.

Penyerang tim nasional Belgia, Dries Mertens, melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Denmark dalam laga UEFA Nations League 2020/21 Divisi A Grup 2 di Stadion Telia Parken, Kopenhagen, Denmark, Sabtu (5/9/2020) waktu setempat – Foto Ant

Sementara itu, di pertandingan lain Divisi A Grup 2 (A2) yang digelar pada waktu bersamaan, Tim nasional Belgia meraih kemenangan 2-0 atas tuan rumah Denmark, pada laga yang digelar di Stadion Telia Parken, Kopenhagen.

Kendati tak diperkuat Kevin de Bruyne, yang absen untuk menyambut kelahiran anak ketiganya, Belgia tetap tampil agresif. Tercatat ada 11 percobaan tembakan yang dilakukan di sepanjang laga. Lima di antaranya menemui sasaran.

Laga baru berjalan sembilan menit, ketika Jason Denayer membuka keunggulan Belgia lewat sontekan jarak dekat, memanfaatkan umpan silang Dries Mertens dari sepak pojok. Denmark berusaha membalas, tetapi tembakan jarak jauh Christian Eriksen masih bisa ditepis oleh Simon Mignolet, yang mengawal gawang Belgia, di tengah cederanya kiper utama Thibaut Courtois. Belgia terus mengancam, tetapi tembakan Dennis Praet dan Romelu Lukaku masih belum bisa menembus Schmeichel.

Pada menit ke-76, gol kedua Belgia akhirnya terlahir lewat sontekan Mertens, yang memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Youri Tielemans yang tak dihentikan sempurna oleh Schmeichel. Belgia untuk sementara memuncaki klasemen Grup A2 dengan koleksi tiga poin, selisih surplus dua gol unggul atas Inggris (3) di urutan kedua. Sedangkan Denmark berada di dasar klasemen di bawah Islandia, karena selisih defisit dua gol, kendati sama-sama belum punya poin.

Di pertandingan kedua, Selasa (8/9/2020), Inggris akan melanjutkan lawatan ke Denmark. Sedangkan Islandia bertandang ke Belgia. (Ant)

Lihat juga...