Pengelolaan Keuangan Penanganan Covid-19 di Sulut Mulai Diaudit BPK

Acara Media Gathering Knowledge Sharing, yang digelar BPK Sulut untuk membantu jurnalis memahami audit di Manado, Rabu (16/9/2020) – Foto Ant

MANADO – Kantor Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sulawesi Utara (Sulut), mulai memeriksa pengelolaan keuangan penanganan COVID-19 di provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu.

“BPK Perwakilan Sulut memulai rangkaian pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu penanganan pandemi COVID-19,” kata Kepala Kantor Perwakilan BPK Sulut, Karyadi, Rabu (16/9/2020), di tengah-tengah media gathering untuk membantu jurnalis memahami audit keuangan.

Menurutnya, ada dua jenis pemeriksaan yang dilakukan. Yang pertama pemeriksaan kepatuhan penanganan pandemi COVID-19 pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, serta Kabupaten Minahasa Utara. Kemudian, pemeriksaan kinerja kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, dan Kota Tomohon. “Sasaran pemeriksaan kepatuhan dan kinerja penanganan COVID-19 antara lain refocusing dan realokasi anggaran bidang kesehatan, bidang sosial dan bidang penanganan dampak ekonomi,” jelas Karyadi.

Pemeriksaan terhadap pengelolaan keuangan penanganan pandemi COVID-19 ini, dilakukan secara besar-besaran di seluruh Indonesia. Dan kegiatannya disebutnya, tidak main-main. BPK, ikut berkontribusi untuk menemukan kesalahan, selanjutnya akan membuat kesimpulan untuk mendapatkan solusi penanganan COVID-19.

“Pengelolaan keuangan ini diaudit komprehensif. BPK bukan hanya cari kesalahan, akan tetapi ada upaya atau rekomendasi untuk membantu memberikan solusi kepada pemerintah, agar pengelolaan keuangan penanganan pandemi COVID-19 lebih bagus lagi,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...