Pesona Pantai Muara Bendera di Muara Gembong Bekasi

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Desa Nelayan Muara Bendera, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyimpan eksotis dan  sanggup membuat pengunjungnya tersenyum akan keelokannya saat berada di lokasi tersebut.

Nama Muara itu sendiri lebih dikenal dengan nama Pantai Muara Bendera, keberadaannya tepat diujung utara Kabupaten Bekasi. Bisa dikatakan  masih hijau dan belum banyak terjamah karena informasi memang tak terpublis seperti pantai lainnya di wilayah Muara Gembong.

Padahal Pantai Muara Bendera, lokasi tidak begitu jauh dari wilayah Ibu Kota Jakarta. Tepatnya berada berdekatan dengan Pantai Muara Betung dan Muara Gembong yang letaknya di Desa Pantai Bahagia. Tapi, jangan berharap seperti pantai lazimnya, karena ini masih alami.

“Pesona Muara Bendera di Kecamatan Muara Gembong, lokasinya dikenal dengan sebutan Desa Nelayan Pantai Bahagia. Muara Bendera ini, mirip pulau sendiri,” ucap Eko Setiawan, warga Tambun Selatan, kepada Cendana News ditemui di lokasi Pantai Muara Bendera, Minggu (27/9/2020).

Eko Setiawan, pengunjung asal Tambun Selatan, mencoba menikmati dengan menyewa perahu untuk menelusuri hutan mangrove di Pantai Muara Bendera, Minggu (27/9/2020). -Foto: M. Amin

Dia mengaku awalnya penasaran akan keindahan Pantai Muara Bendera yang dikatakan masih banyak belum terjamah. Ternyata saat di lokasi jelasnya benar, ada nuansa jauh dari kebisingan dan semrawut perkotaan membosankan. Di Muara Bahagia masih banyak hutan mangrove alami.

Menurutnya, wilayah Muara Bendera dikenal sebagai tempat hidup lutung hitam, dan sesekali masih terlihat bergelantungan di rerindang pepohonan sekitar muara.

“Biasanya banyak yang bawa alat pancing, karena banyak spot di muara untuk mancing aneka biota laut. Jika beruntung bisa mendapat ikan berkualitas, karena hutan mangrove atau bakaunya masih terjaga,”ujar Eko.

Dikatakan pengunjung juga bisa menikmati hutan bakau dengan berkeliling menyewa perahu nelayan untuk mengekspolore hutan Bakau untuk mencari spot foto yang instagramable. Bahkan ada jalur air, di kelilingi hutan mangrove sehingga terasa di alam laut bebas.

Pjs Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, M. Nuh, kepada Cendana News, sebelumnya mengatakan terus mendorong agar Pantai Muara Bendera di ujung utara Bekasi tersebut bisa menjadi destinasi wisata kebanggaan daerah untuk baik wisatawan lokal dan mancanegara.

“Upaya declar Muara Bendera sebagai destinasi wisata  kebanggaan terus dilakukan. Temukan keindahan muara bendera dengan sajian wisata bahari, telusur mangrove, rumah pohon, mancing muara, seni kayak, lomba perahu nelayan, kuliner terapung dan lainnya,”ungkap M. Nuh.

Ia mengaku pernah melakukan penelusuran berangkat dari muara Sungai Citarum dan berakhir di Desa Nelayan Muara Bahagia bersama tim Quantum Convex International.

Ditegaskan akan mendorong pengembangan Muara Bendera, sebagai destinasi wisata melalui Dinas Pariwisata. Karena, di wilayah Muara Gembong banyak potensi wisata bahari yang bisa dikembangkan dan tak kalah dengan daerah lainnya.

Lihat juga...