Pessel Tambah Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Editor: Makmun Hidayat

PESISIR SELATAN — Kasus Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, masih mengalami penambahan dari waktu ke waktu. Penanganan yang dilakukan selain tetap menyosialisasikan protokol kesehatan juga mempersiapkan tempat isolasi.

Sekretaris Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Pesisir Selatan, Dalipal mengatakan kini tengah dilakukan penambahan tempat isolasi bagi pasien Covid-19 yakni di Asrama Akademi Komunitas Negeri (AKN) Kabupaten Pesisir Selatan.

Ia menyebutkan alasan adanya penambahan tempat isolasi itu karena kapasitas Rusunawa tidak lagi memadai untuk menampung pasien positif Covid 19.

“Kita akan memfungsikan Asrama AKN Pesisir Selatan untuk ruang isolasi bagi pasien positif Covid 19, pemakaian ini disebab asrama tersebut telah selesai dibangun namun belum ditempati oleh mahasiswa AKN,” katanya, Minggu (27/9/2020).

Namun sebelum tempat itu ditempati pasien Covid-19, Gugus Tugas akan melengkapi sarana dan prasarana pendukung agar bisa digunakan sebagaimana mestinya untuk penanganan pasien positif Covid-19.

Dia mengaku adanya penambahannya tempat isolasi bagi pasien Covid-19 ini karena jumlah pasien Covid-19 di Pesisir Selatan semakin meningkat. Selama ini ada isolasi mandiri di rumah dinilai kurang efektif.

“Isolasi mandiri di rumah itu kurang efektif karena pasien tersebut masih melakukan kontak dengan yang lainnya sehingga jumlah terkontaminasi semakin meningkat,” jelasnya.

Untuk itu Gugus Tugas Pesisir Selatan berharap masyarakat bisa menerapkan protokol kesehatan, gunakan masker, jaga jarak dan sering cuci tangan sehingga bisa terhindar dari Covid-19. “Karena percuma pemerintah menggiatkan sosialisasi tanpa didukung oleh semua pihak,” tegasnya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat Jasman Rizal mengatakan di Kabupaten Pesisir Selatan sejauh ini berada di zona kuning atau zona risiko rendah. Meski tergolong zona kuning bukan berarti masyarakat harus abai soal protokol kesehatan.

“Tidak ada-apa jika ingin menambah ruang isolasi. Setidaknya dengan upaya itu dapat memaksimalkan penanganan Covid-19 di Pesisir Selatan,” ujarnya.

Jasman juga mendorong bagi daerah lainnya bila ingin memperbanyak tempat isolasi dan mengalihkan isolasi mandiri ke tempat isolasi yang disediakan pemerintah di mana bisa dipantau dengan baik.

“Kalau isolasi mandiri terkadang mungkin masih ada yang kontak dengan keluarga di dalam rumah padahal kegiatan itu berisiko terjadi penularan. Tapi jika rasanya yakin tertib, silakan isolasi mandiri,” sebut Jasman.

Lihat juga...