Petani di Bekasi Berjuang Kendalikan Hama Burung dan Kekeringan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Memasuki masa panen padi, petani di Kampung Babakan, Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi, mulai bergerak mengusir hama burung.

Petani, wilayah setempat selain menghadapi hama burung, kekeringan juga menjadi keluhan tersendiri, hingga mereka mengaku tidak maksimal dalam hasil panennya.

“Sejak awal Juli sampai September ini, sawah mengalami kekeringan. Tapi Alhamdulillah, meski ada beberapa petak yang gagal karena kekurangan air, yang lain bisa maksimal,” ungkap Ibu Sinah, ditemui di sela-sela menjaga padi dari hama burung, Senin (28/9/2020).

Ibu Sinah, dan suaminya Poniman, menanam padi jenis ciherang macan, dua minggu lagi panen. Sehingga dari pagi hingga pukul 18.00 WIB, keduanya harus berjaga di sawah untuk menghalau burung emprit.

Menurutnya mereka panen tidak gagal tapi, hasilnya menurun dibanding sebelumnya. Saat ini Poniman, memasuki masa panen kedua di 2020.

Kepada Cendana News, Poniman juga sebagai Ketua Kelompok Tani Benda Jaya, mengaku ingin di wilayahnya ada pusat penjualan pupuk subsidi. Pasalnya mereka untuk membeli pupuk subsidi harus ke Bekasi Utara karena hanya ada satu di wilayah Kota Bekasi.

“Saya kasihan petani bayam, yang harus ke Bekasi Utara untuk membeli pupuk subsidi. Harusnya ada satu lagi di wilayah Pedurenan atau Mustikajaya, sehingga bisa untuk petani di wilayah Kecamatan Mustika Jaya dan Bantargebang,” tukasnya.

Terpisah petani lainnya, Pak Uton, mengaku kekeringan nyaris membuat petani di lingkungan setempat gagal panen. Tetapi, hal tersebut bisa terbantu oleh beberapa sumur bor (Pantek) di sekitar persawahan sehingga bisa lebih maksimal.

“Kekeringan tentunya harus kerja keras, dan biaya bertambah karena nyedot air perlu bensin. Sekarang, harus kerja dari pagi sampai sore menjaga hama burung agar tidak menghabiskan padi yang sudah mulai menguning,” papar Pak Uton.

Berbagai cara di lakukan petani untuk menjaga tanamannya, dengan orang-orangan, jurai jurai dari plastik sampai membentangkan benang di atas tanaman padinya. Hal tersebut tujuannya untuk mengusir hama burung yang setiap waktu mengerumuni tanaman padi mereka.

Lihat juga...