Pilkada 2020 di Riau Diikuti 33 Paslon

Ilustrasi - Pilkada Serentak 2020 – Foto Ant

PEKANBARU – Sebanyak 33 Pasangan Calon (paslon) bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota, di sembilan daerah di Provinsi Riau, resmi ditetapkan sebagai calon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Kamis (24/9/2020), kontestan pada Pilkada Serentak 2020 dan telah mendapatkan nomor urut. “Alhamdulillah, KPU di 9 kabupaten/kota yang melaksanakan pemilihan telah melakukan penetapan 33 nama paslon dari 34 yang ikut mendaftar,” kata komisioner KPU Provinsi Riau, Nugroho Noto Susanto, di Pekanbaru, Kamis (24/9/2020).

Hanya ada 33 pasangan, karena terdapat satu paslon dari Kepulauan Meranti, harus mengalami penundaan penetapan, karena belum melewati tahapan pemeriksaan kesehatan dan verifikasi dokumen. “Penundaan tahapan terhadap paslon itu karena salah satu bacalon terkonfirmasi positif COVID-19,” jelas Nugroho.

Satu paslon yang alami penundaan adalah calon bupati dan calon wakil bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim yang berpasangan dengan Abdul Rauf. “Abdul Rauf hingga kini masih dinyatakan positif COVID-19,” jelasnya.

Adapun 33 paslon yang maju pada pemilihan serentak 2020 di Provinsi Riau ini akan berlaga di delapan kabupaten dan satu kota yakni Kabupaten Kuantan Singingi (tiga pasangan), Kota Dumai (empat pasangan), Kabupaten Rokan Hulu (tiga pasangan), Kabupaten Kepulauan Meranti (empat paslon dan baru ditetapkan tiga).

Selanjutnya di Kabupaten Rokan Hilir (empat pasangan), Kabupaten Pelalawan (empat pasangan, Kabupaten Indragiri Hulu (lima pasangan), Kabupaten Bengkalis (empat pasangan), dan Kabupaten Siak (tiga pasangan). Tahapan selanjutnya, peserta Pilkada akan melakukan kampanye, pada 26 September hingga 5 Desember 2020. Dan tahap akhir adalah pemungutan suara pada 9 Desember 2020. (Ant)

Lihat juga...