Pilkada Samarinda Diikuti Tiga Pasangan Calon

Penyerahan SK Penetapan Calon peserta Pilkada Samarinda 2020 kepada perwakilan calon di Kantor KPU Jalan Juanda, Samarinda, Rabu (23/9/2020) oleh Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat – foto Ant

SAMARINDA – Pilkada 2020 Kota Samarinda, Kalimantan Timur, resmi diikuti tiga pasang calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Pasangan tersebut adalah, Andi Harun- Rusmadi, Zairin Zain- Sarwono dan Barkati- Darlis.

Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kota Samarinda telah menerbitkan Surat Keputusan KPU Kota Samarinda nomor 153/PL.02.3-Kpt/6472/KPU-Kot/IX/2020, yang mengatur hal tersebut. “KPU Samarinda telah menggelar rapat tertutup untuk menetapkan paslon peserta Pilwali, dalam sejarah baru kali ini kami gelar rapat tertutup untuk menetapkan paslon karena mematuhi protokol kesehatan COVID-19,” kata Ketua KPU Samarinda, Firmas Hidayat, usai memimpin rapat pleno serta penyerahan SK Penetapan peserta Pilkada Samarinda, Rabu (23/9/2020).

Firman mengatakan, setelah penetapan calon, KPU akan melaksanakan tahapan penetapan nomor urut. “Kamis (24/9/2020) kami akan lakukan pencabutan nomor urut. Kami sudah sepakat, bahwa tidak ada satupun paslon yang membawa masa, ataupun melakukan konvoi karena sebagai bentuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19,” imbuhnya.

Selain itu, peserta juga akan dibatasi hanya lima orang. Terdiri dari kandidat pasangan calon dan pendamping atau Leason Officer-nya. Sedangkan untuk media yang akan meliput jalannya pencabutan nomor urut, hanya diperbolehkan dari luar ruangan. Hal itu untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Diketahui, ada tiga pasang calon peserta Pilkada Kota Samarinda. Dua di antaranya maju berkendara partai politik yaitu, pasangan Andi Harun- Rusmadi dan Barkati Darlis, yang didukung oleh koalisi PDIP 8 kursi, Gerindra 8 kursi, PKB 3 kursi, PKS 5 kursi, NasDem 4 kursi, PPP 2 kursi dan Hanura 1 kursi dengan total 31 kursi dari 45 kursi yang tersedia di DPRD Samarinda.

Pasangan Barkati- Darlis. didukung oleh tiga partai, yakni Partai Demokrat, Golkar, dan PAN, dengan jumlah kursi di DPRD setempat sebanyak 14 kursi. Sementara pasangan Zairin Zain- Sarwono, maju melalui jalur perseorangan, dan telah dinyatakan lolos oleh KPU setempat dengan dukungan sah sebanyak 51.652 surat dukungan. (Ant)

Lihat juga...