Pukulkan Bola ke Ofisial Pertandingan, Djokovic Didiskualifikasi dari US Open

Novak Djokovic, dari Serbia dan seorang ofisial turnamen, mendekati seorang hakim garis setelah terkena bola dari sang petenis saat menghadapi Pablo Carreno Busta dari Spanyol, dalam US Open 2020 di USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York, Amerika Serikat – foto Ant

JAKARTA – Novak Djokovic secara mengejutkan didiskualifikasi dari US Open, Minggu (6/9/2020) waktu setempat atau Senin (7/9/2020) dini hari WIB, setelah memukulkan bola ke hakim garis.

Petenis nomor satu dunia itu sedang tertinggal 5-6 pada set pertama, saat melawan petenis Spanyol, Pablo Carreno Busta, ketika dia memukul bola yang diarahkan ke ofisial perempuan tersebut. Bola mengenai leher sang ofisial dan dia terkesiap.

Djokovic bergegas mengecek sang ofisial apakah dia baik-baik saja, dan setelah beberapa menit dia bangkit dan meninggalkan lapangan. Sekira sepuluh menit diskusi dengan wasit turnamen, umpire lalu mengumumkan Carreno Busta menang, karena pertandingan tidak dilanjutkan.

Sementara itu, Alexander Zverev melepaskan 18 ace saat menghancurkan Alejandro Davidovich Fokina 6-2 6-2 6-1, di babak keempat US Open. Setelah break dini pada kedudukan 2-1, petenis Jerman berusia 23 tahun itu tak pernah membiarkan lawannya dari Spanyol itu mengembangkan permainan.

Petenis Jerman, Alexander Zverev, melepaskan backhand ketika menghadapi Alejandro Davidovich Fokina dari Spanyol, dalam hari ketujuh US Open 2020 di USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York, Minggu (6/9/2020) – foto Ant

Dia menyarangkan 39 pukulan winner, dan hanya kehilangan satu service game, selama tampil digdaya dalam laga tersebut. Sementara Davidovich Fokina sempat memimpin 2-0 pada set kedua, namun keuntungan itu tak bertahan lama, setelah Zverev bangkit untuk kembali merampas set kedua. Dan Zverev mengakhiri set ini dengan sebuah ace.

Petenis Spanyol itu hampir tidak mendapatkan peluang untuk menciptakan dampak terhadap servis keras petenis nomor tujuh dunia itu, yang mencatat kecepatan service mencapai 139 mil per jam. Berbeda tipis dari catatan pribadinya yang mencapai 142 mil per jam.

Davidovich Fokina yang sempat mendapatkan perawatan karena masalah kaki, berusaha meredam Zverev dengan melepaskan drop shots tapi tak berhasil. “Saya sudah di perempatfinal dan itu bisa satu-satunya hal baik. Saya sudah menantikan momen ini selama enam bulan,” kata Zverev yang mencapai semifinal Australia Open awal tahun ini. (Ant)

Lihat juga...