Rumah Sehat COVID-19 di Wisma Atlet Jakabaring Resmi Ditutup

Para personel tenaga medis, TNI/Polri yang bekerja di Rumah Sehat COVID-19 Jakabaring – Foto Ant

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), resmi menutup keberadaan rumah sehat COVID-19 yang ada di Wisma Atlet Jakabaring, Palembang, Senin (31/8/2020).

Rumah sakit tersebut, selama ini menjadi tempat isolasi Pasien Dalam Pemantauan dan Orang Dalam Pemantauan. Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya mengatakan, penutupan dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Nomor 044/SE/Dinkes/2020.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kontribusi penuh dari Tim Satgas Unit Rumah Sehat COVID-19, dimana telah berjuang bersama-sama secara ikhlas untuk membantu pasien,” kata Mawardi, dalam acara seremonial penutupan rumah sehat COVID-19, Senin (31/8/2020).

Ia secara khusus juga mengucapkan terima kasih ke personel TNI/Polri, Satpol PP dan para sukarelawan, yang telah bekerja keras melayani masyarakat di masa pandemi. “Berkat kerja sama yang baik, rumah sehat di Palembang ini menjadi tempat karantina atau isolasi yang terbaik di Tanah Air,” tandasnya.

Pemprov menutup rumah sehat karena penanganan kasus COVID-19 dinilai dapat tertanggulangi oleh rumah sakit rujukan. Ketua Harian Rumah Sehat COVID-19 Jakabaring, Aufa Syahrizal mengatakan, saat ini masyarakat dapat menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Rumah sehat yang beroperasi sejak Maret 2020 tersebut, hanya membantu masyarakat yang dinyatakan ODP, PDP atau positif. “Jadi sesuai dengan Surat Edaran dari gubernur per 31 Agustus, fungsi dari rumah sehat untuk sementara dihentikan,” tandasnya.

Namun, bukan berarti pemerintah lepas tangan dalam penanganan COVID-19. Rumah sakit rujukan, saat ini disiagakan selama 24 jam untuk penanganan pandemi. (Ant)

 

Lihat juga...