Salah Cetak Hattrick, Liverpool Benamkan Leeds 4-3

Penyerang Liverpool Mohamed Salah melakukan selebrasi seusai melengkapi raihan trigol ke gawang Leeds United dalam laga pekan pembuka Liga Premier Inggris 2020/21 di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (12/9/2020) waktu setempat – foto Ant

JAKARTA – Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, mencetak hattrick untuk mengantarkan timnya, yang dengan susah payah mengatasi tim promosi, Leeds United 4-3. Laga kedua tim menjadi laga pekan pembuka Liga Premier musim ini, di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (13/9/2020) dini hari WIB.

Dua dari hatrrick Salah, lahir dari titik putih, yang diselingi gol sundulan Virgil van Dijk. Tiga gol yang kemudian dibalas tiga kali oleh Leeds, melalui Jack Harrison, Patrick Bamford dan Mateusz Klich.

Pertandingan babak pertama memenuhi ekspektasi adu jitu, antara Juergen Klopp melawan Marcelo Bielsa, yang sama-sama senang menerapkan strategi high pressing. Empat menit awal laga, Liverpool memimpin lewat eksekusi penalti Salah, setelah tembakan pertamanya mengenai lengan Robin Koch.

Tetapi keunggulan itu tak bertahan lama, di menit ke-12 sebuah serangan cepat Leeds, yang diawali umpan jauh Kalvin Phillips berhasil dikendalikan Harrison. Kemudian sukses memperdaya Trent Alexander-Arnold, sebelum melepaskan tembakan yang tak mampu diantisipasi kiper Alisson Becker.

Sadio Mane sempat mencetak gol dari tengah lapangan, tetapi gol itu dianulir, karena Andy Robertson lebih dulu terjebak offside dalam proses serangan tersebut. Liverpool kembali memimpin pada menit ke-20, ketika sepak pojok Robertson sukses disambut tandukan tajam Virgil van Dijk, yang tak mampu dihentikan kiper Illan Meisler. Namun pada menit ke-30, Van Dijk melakukan blunder, ketika antisipasinya terlalu lemah dan malah memberi bola kepada Bamford, yang membayangi di belakangnya sebelum mencetak gol ke area tiang jauh.

Tiga menit kemudian, Liverpool memimpin lagi, saat Salah memanfaatkan kemelut di kotak penalti Leeds, yang gagal mengantisipasi tendangan bebas Robertson. Penyerang Mesir itu langsung melepaskan tembakan keras tanpa memberi kesempatan Meisler untuk menghalaunya. Keunggulan Liverpool bertahan hingga turun minum.

Empat menit memasuki babak kedua, Georginio Wijnaldum mempunyai peluang bagus untuk memperlebar jarak, tetapi tembakannya terlalu mengarah ke Meisler, yang melakukan penyelamatan dalam kesempatan kedua.

Leeds berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-66, setelah memanfaatkan lini tengah Liverpool yang belum ajeg, menyusul pergantian pemain Curtis Jones untuk Jordan Henderson. Lemparan ke dalam oleh Alexander-Arnold bisa direbut para pemain Leeds, yang kemudian merangsek ke dalam kotak penalti. Dan umpan silang Helder Costa dapat dikendalikan satu sentuhan oleh Klich, sebelum melepaskan tembakan keras ke area tiang jauh.

Liverpol harus berjuang keras untuk merestorasi keunggulan, tetapi upaya mereka terus dipatahkan oleh barisan pertahanan Leeds yang tampil disiplin. Cahaya harapan bagi Liverpool hadir pada menit ke-87, ketika Rodrigo Moreno, yang melakoni debutnya untuk Leeds, membantu pertahanan dalam situasi sepak pojok. Tetapi malah berakhir melanggar Fabinho, yang berbuah tendangan penalti untuk tuan rumah.

Salah dengan tenang mengeksekusi penalti tersebut, untuk melengkapi hattrick-nya, sekaligus membawa Liverpool kembali unggul 4-3. Selepas gol itu, Klopp memasukkan Joel Matip, untuk menggantikan Alexander-Arnold, guna menebalkan lini pertahanan Liverpool. Praktis hal itu menjadikan strategi jitu ketika skor 4-3 tak berubah, hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Pekan depan, Liverpool akan melawat ke markas Chelsea, untuk laga kedua pada Minggu (20/9/2020). Laga tersebut berlangsung sehari setelah Leeds menjamu sesama tim promosi Fulham di Elland Road. (Ant)

Lihat juga...