Sampah di Bawah Flyover Riandra Tutupi Kali Item

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Tumpukan sampah memenuhi permukaan Kali Item atau oleh warga setempat disebut kali jurusan pisang batu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Sampah menumpuk tepat di bawah fly over Riandra komplek Harapan Indah kisaran perbatasan dengan wilayah Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi. Sampah mengular hingga ke belakang pemukiman warga yang tepat berada di bantaran Kali Item, RT 02/03 Desa Setiasih, Kecamatan Taruma Jaya Kabupaten Bekasi.

“Sampah itu baru terjadi setelah hujan kemarin. Itu sampah kiriman, mungkin karena tersumbat maka menumpuk di sini,” ungkap Zakia, warga RT 02/03, Desa Setiaasih dikonfirmasi Cendana News, Rabu (16/9/2020).

Zakia pun mengaku kaget, saat ditunjukkan foto yang diambil dari atas fly over Riandra menuju desaSetiaasih dari Harapan Indah. Ia mengaku baru mengetahui hal tersebut bahwa tumpukan sampah sudah menumpuk di kali belakang rumahnya.

Dia memperkirakan tumpukan sampah terjadi karena dibendung Pisang Batu Desa Pahlawan Setia, Kecamatan Tarumajaya dimanfaatkan untuk aliran sawah karena saat ini sudah lama musim kering.

“Disini memang sering terjadi sampah kiriman dari arah Kota Bekasi. Hulunya kan di Kota Bekasi, disini hilirnya,”ungkap warga lainnya mengaku bernama Nur (42).

Menurut Nur, biasanya rutin dibersihkan. Tapi sekarang sudah penuh dan padat begitu mungkin kewalahan untuk membersihkan sehingga memerlukan alat berat dan truk untuk tempat sampahnya.

Nur, pun mengaku bahwa kejadian tumpukan sampah di Kali Item tersebut, baru terjadi setelah hujan kemarin. Saat ini, sudah mulai mengeluarkan aroma busuk dan banyak nyamuk saat malam.

Pantauan di lokasi sampah menutupi Kali mulai dari sebelum Fly Over Riandra berbagai jenis sampah seperti streofoam, plastik dan lainnya.

Cendana News mencoba konfirmasi di kantor Camat Medansatria Kota Bekasi dan diarahkan oleh staf kecamatan untuk bertemu Sekcam karena camat tidak ada di kantor.

Namun ironisnya sekcam yang ditunjukkan oleh staf kecamatan sebagai Sekcam tersebut ketika dicoba konfirmasi mengaku dirinya bukan sekcam dan ia tidak mengenalkan dirinya namanya siapa. .

Bahkan dia mengaku tidak mengetahui lokasi tersebut dan hanya menyebut di wilayah Kecamatan Medansatria yang berbatasan langsung dengan Tarumajaya Kabupaten Bekasi hanya ada dua kali Kali Kapuk dan Belancong.

Dikonfirmasi apakah Kecamatan Medansatria sudah melakukan upaya untuk menghambat sampah agar tidak mengalir ke wilayah Tarumajaya dia pun mengaku tidak tahu.

Sementara Camat Tarumajaya, Kabupaten Bekasi dikonfirmasi melalui saluran telpon tidak menjawab begitupun saat di WhatsApp meski wartawan sudah mengenalkan diri, tidak ada tanggapan.

Lihat juga...