Satu Hotel di Bekasi Siap Tampung Pasien Covid-19 

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Kasus Covid-19 di wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, terus meningkat, hingga mengundang kepedulian dari salah satu pemilik hotel di wilayah setempat.

Green hotel Kota Bekasi di jalan A Yani menyatakan sudah siap dijadikan tempat layanan isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala, jika status kedaruratan terus meningkat. Hotel tersebut sudah ditinjau langsung oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Rabu (23/9/2020).

Rahmat Effendi menegaskan, green hotel dipersiapkan jika terjadi perburukan. Artinya, selain Stadion Patriot Candrabhaga yang diubah untuk ruangan khusus isolasi mandiri, sekarang sudah ada satu hotel untuk disiapkan.

“Tadi saya sudah bertemu dengan Ketua PHRI untuk menyampaikan hotel yang berkenan menjadi tempat isolasi mandiri, ” ujar Rahmat Effendi.

Green Hotel yang siap dengan 90 ruangan akan diubah dalam penanganan para pasien Covid 19, tentunya dengan menyiapkan segala kebutuhan untuk pasien makan dan alat medis lainnya.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, saat meninjau langsung kesiapan hotel untuk penanganan pasien Covid-19 di Bekasi, Rabu (23/9/2020). –Foto: M Amin

Menurutnya, tidak perlu memakai evafilter, karena tiap kamar ada exchause untuk penyaring udara keluar. Wali Kota menjelaskan, telah siap ada yang 1 bed dan 2 bed di tiap kamar, rencananya akan ditanya terlebih dahulu mengenai SOP, apakah boleh 1 kamar ada 2 orang pasien.

Setiap lantai akan dipasang pintu almunium sebelum masuk ke dalam kamar hotel. Ada juga disediakan untuk para tim medis sekitar dua kamar, untuk memastikan para pasien yang menginap di Green Hotel tersebut jika memerlukan bantuan atau mengecek keadaan si pasien.

“Antisipasi fasilitas tambahan ini sangat diperlukan, jika terjadi adanya perburukan untuk pasien terpapar Covid 19,” ungkapnya.

RSUD dr. Chasbullah menjadi rujukan pertama. Sementara penyakit komorbid dikhususkan RSUD Tipe D yang juga siap sekitar 30 sampai 40 bed. Dipastikan, RS swasta membantu pemerintah, ditambah dengan Stadion Patriot Candrabhaga yang memikiki 57 bed.

“Saat ini, Stadion PCB telah diubah dan telah terisi 14 pasien. Setiap hari di labkesda Kota Bekasi harus memutar 250 sampel, tetap setiap harinya menerima 500 sampel, jadi setengahnya diberikan ke RSUD dr. Chasbullah Abdul Majid,” jelasnya.

Diketahui, pihak, Green Hotel di Jawa Timur sudah menjadi rujukan untuk penanangan Covid-19, maka dalam membantu peran Pemerintah Daerah Kota Bekasi, Green Hotel di Kota Bekasi juga berusaha  membantu peran pemkot dalam pandemi tersebut.

Lihat juga...