Sejumlah Sekolah di Pessel Kembali Belajar Daring

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PESISIR SELATAN — Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memberikan peringatan keras kepada Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang melangsungkan sekolah tatap muka di wilayah Kecamatan IV Jurai untuk tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Suhendri mengatakan, di kawasan Kecamatan IV Jurai itu ada penambahan pasien positif terpapar Covid 19 seperti Painan, Salido dan Sago.

“Secara umum sekolah masih tetap tatap muka, kecuali jika ada orang tua yang mengkhawatirkan anaknya ke sekolah, maka dilayani dengan daring,” katanya, Kamis (10/9/2020).

Suhendri menyebutkan, jika ada yang berhubungan kontak dengan pasien yang terpapar seperti kepada siswa, guru/pegawai diharapkan melakukan isolasi mandiri di rumah. Tapi bila harus swab berdasarkan anjuran Dinas Kesehatan (Dinkes) ada baiknya untuk diikuti.

“Saya telah menyampaikan juga kepada pihak sekolah maupun orang tua murid, bila ada gejala selama isolasi mandiri selama 14 hari, supaya melapor pada Dinas Kesehatan. Namun jika tidak ada, supaya tetap di rumah dan mengkonsumsi vitamin atau sejenisnya,” tambahnya.

Suhendri berharap kepada pihak sekolah tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten, dan menunggu informasi dan arahan dari pimpinan untuk langkah selanjutnya.

“Kalau untuk kecamatan lainnya ada yang melangsungkan belajar tatap mukanya. Kita pun telah memberikan semacam peringatan agar-agar hati juga kepada pihak sekolah,” ujarnya.

Terkait hal ini Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni juga mengatakan, hari ini Kamis (10/9) UPT SD dan UPT SMP kembali menerapkan belajar daring. Langkah tersebut diambil, lantaran meningkatnya kasus terinfeksinya positif Covid 19 di wilayah Kecamatan IV Jurai.

“Hal itu akan berlangsung sampai situasi kondusif kembali, karena kita tidak menginginkan adanya peningkatan kasus yang ada di sekolah, dengan begitu kita bisa menekan tingkat penyebaran dari Covid 19 ini,” tegas dia.

Selain itu, Hendrajoni juga mengajak seluruh guru dan siswa – siswi patuh terhadap anjuran pemerintah untuk melaksanakan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Kepada guru dan wali kelas ia mengingatkan agar meneruskan informasi ini ke seluruh siswa. Mengingat dalam waktu dekat sudah memasuki pelaksanakan ujian MID Semester, dan berkemungkinan ujian tersebut dilaksanakan secara serentak dengan soal bersama.

“Maka kepada guru agar mempersiapkan siswa dengan baik dan memberikan pembelajaran yang seefektif mungkin. Kepada seluruh karyawan, satpam dan petugas kebersihan tetap masuk seperti biasa,” sebut Hendrajoni.

Lihat juga...